Kepulauan Derawan - Kumpulan Pulau-pulau Ajaib yang Memesona

In Kalimantan Timur
source:yukpegi.com
source:kaskus.co.id
source:islandbet.wordpress.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 14th April 2013, 11:40pm
Rate this article 

Kepulauan Derawan merupakan surga bawah laut di Kalimantan Timur. Dengan keindahan alam bawah lautnya, Derawan menjadi salah satu tujuan wisata menyelam terbaik di Indonesia. Oleh sebab itu, pantas rasanya bila tempat ini disejajarkan dengan objek wisata bahari terkenal lainnya seperti Raja Ampat, Wakatobi, Bunaken, Togean, dan lainnya.

Kepulauan ini terdiri dari beberapa pulau dengan empat pulau utama, yakni Pulau Derawan, Kakaban, Sangalaki, dan Maratua. Kekayaan dan keindahan alam bawah laut di Derawan merupakan daya tarik utama, lebih dari 870 jenis ikan dan 460 jenis karang siap menjadi arena bermain Anda. Beberapa spesies unik seperti penyu hijau, duyung, lumba-lumba, dan ubur-ubur stingless terdapat di sini. Tak heran, sudah banyak wisatawan dari berbagai belahan dunia berdatangan ke surga bawah laut ini.

Banyak kegiatan dan hal-hal menarik yang disuguhkan Kepulauan Derawan. Masing-masing pulau memiliki keistimewaannya sendiri, diantaranya adalah:

Pulau Derawan

Pulau ini merupakan pusat aktifitas para wisatawan. Di sini Anda dapat menemukan banyak penginapan, rumah makan, penyewaan alat snorkeling, dan alat selam. Hamparan pasir putih serta air lautnya yang jernih merupakan panorama yang tidak boleh terlewatkan. Di sekeliling pulau banyak terdapat spot sempurna untuk kegiatan snorkeling dan diving. Di pulau ini Anda juga bisa melihat penyu-penyu berukuran besar yang sedang bertelur pada malam hari. Selain itu, penginapan yang dibangun di atas permukaan laut merupakan tempat peristirahatan sempurna untuk menikmati panorama Pulau Derawan.

Pulau Kakaban

Pulau Kakaban memiliki luas sekitar 774,2 hektar. Keistimewaan pulau ini adalah terdapat sebuah danau endemik yang terbentuk jutaan tahun lalu, dan telah melewati proses evolusi yang panjang. Danau air payau ini dikenal dengan nama Danau Kakaban. Di sini juga Anda akan melihat jutaan ubur-ubur yang telah kehilangan sengatannya. Tercatat hanya ada dua danau sejenis di dunia: Danau Kakaban di Kepulauan Derawan dan Jellyfish Lake di Palau, Micronesia di kawasan tenggara Laut Pasifik.

Pulau Sangalaki

Tidak kalah dengan pulau lainnya, Pulau Sangalaki merupakan ?erumah?f untuk berbagai fauna yang diantaranya termasuk langka, seperti pari manta, penyu hijau, dan penyu sisik. Pulau ini juga merupakan pulau yang sangat baik untuk diving dan snorkeling. Titik menyelam yang populer di wilayah ini antara lain Channel Entrance, Coral Gardens, Town, Sandy Ridge, Manta Run, Sherwood Forest, Manta Parade, Manta Avenue, Ridge, Light house, dan The Rockies.

Pulau Maratua

Berbeda dengan Pulau Kakaban yang tak berpenghuni, Pulau Maratua dihuni setiar 3.168 jiwa. Sebagian besar penduduknya adalah suku Bajo, mata pencaharian utama mereka adalah nelayan. Tidak berbeda jauh dengan pulau lainnya, pulau ini juga memiliki bermacam-macam fauna serta alam bawah laut yang indah. Pulau Maratua juga memiliki bentangan alam tropis yang indah, hutan bakau, padang lamun, dan lainnya.

Akses

Untuk sampai ke Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, rute paling umum digunakan adalah melalui jalur udara menuju tarakan dan dilanjutkan dengan menggunakan speed boat selama 3 jam menuju Pulau Derawan. Jika ingin mempersingkat waktu, Anda bisa mengambil penerbangan dari Jakarta, Surabaya atau Denpasar menuju Balikpapan. Kemudian dilanjutkan dengan mengambil penerbangan penghubung menuju Tanjung Redep di Berau. Dari sini, Anda bisa menggunakan kapal menuju Kepulauan Derawan.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!