Kelimutu - Danau Tiga Warna yang Mendunia

In Nusa Tenggara Timur
source:500px.com
source:commons.wikimedia.org
source:descargarobinhood.blogspot.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 25th March 2013, 3:12am
Rate this article 

Bicara tentang keelokan dan pesona alam di timur Indonesia, nampaknya wajib jika menyebutkan objek wisata yang namanya telah mendunia ini. Danau Kelimutu yang berada di Flores, Nusa Tenggara Timur, memiliki keunikan dan keindahan alam yang fenomenal. Keindahan danau ini terpancar dari tiga buah danau yang masing-masing memiliki warna yang berbeda (hitam, biru, biru tua) dan merupakan satu-satunya danau di dunia yang warna airnya dapat berubah setiap saat

Danau Kelimutu atau dikenal juga dengan Danau Tiga Warna terdiri dari 3 danau kawah yang terpisah. Nama dari ke-tiga danau tersebut adalah Danau Tiwu Ata Mbupu yang dipercaya menjadi tempat arwah para orangtua, Danau Tiwu Ata Polo yang ditempati oleh arwah para orang jahat, dan Danau Tiwu Nuamuri Koofai sebagai tempat berkumpulnya arwah anak-anak muda. Ketiga danau ini diyakini sebagai tempat bersemayamnya para arwah dan disakralkan oleh masyarakat setempat.

Danau kawah ini berada di puncak Gunung Kelimutu, dan merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Kelimutu (TNGK). Secara ilmiah perubahan warna Danau Kelimutu merupakan faktor kandungan mineral, lumut dan batu-batuan dan pengaruh cahaya Matahari. Para ilmuwan yakin bahwa danau ini terbentuk dari erupsi gunung vulkanik pada zaman purba. Fenomena langka ini telah menarik perhatian dunia, telah banyak wisatawan dari berbagai negara yang ingin melihat pesona Danau Tiga Warna ini.

Kelimutu dikelilingi oleh hutan dengan flora endemik yang jarang ditemukan di Flores. Selain pohon pinus yang tumbuh subur di ketinggian, terdapat juga tumbuhan paku, tumbuhan marga Casuarina, redwood dan bunga edelweiss. Selain itu, jika Anda berkesempatan mengunjungi tempat ini, waktu terbaik untuk menyaksikan keindahan danau adalah saat terbitnya matahari. Sunrise di Kelimutu terkenal akan keindahannya, cahaya yang muncul di setiap sudut gunung pun akan terlihat sangat indah dan menakjubkan.

Untuk Anda yang ingin menginap, Kota Moni merupakan kota terdekat yang terletak di kaki Gunung Kelimutu. Di kota tersebut terdapat beberapa penginapan dan restoran yang bisa Anda pilih dengan harga yang bervariatif. Berbagai suvenir lokal pun tersedia di sekitar kawasan wisata. Anda bisa menemukan kain tenun khas Flores, dan berbagai macam kerajinan tangan lainnya.

Transportasi

Kelimutu terletak di Desa Koanara, Kecamatan Wolowaru, atau sekitar 66 km dari Kota Ende dan 83 kilometer dari Maumere. Moni merupakan pintu gerbang menuju Danau Kelimutu. Jarak antara Moni dan Kelimutu sekitar 15 km. Anda bisa menggunakan ojek, mobil, atau transportasi umum untuk sampai ke area parkir sebelum menuju kawasan danau. Anda juga bisa menggunakan bus antarkota dan menuju ke Moni. Orang setempat menyebutnya bis kayu atau oto kol.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!