Keindahan Danau Labuan Cermin

In Kalimantan Timur
source:http://indonesiaberceloteh.blogspot.com
source:http://kalimantanku.blogspot.com
source:http://majalahborneonews.wordpress.com
Written by Aditya Tri Hutama Posted 12th March 2014, 8:51am
Rate this article 

Danau Labuan Cermin adalah sebuah danau yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur tepatnya di Kabupaten Berau. Danau ini menjadi tempat wisata yang unik bagi masyarakat dan wisatawan domestik karena kejernihan airnya yang serupa dengan cermin. Kejernihan Danau Labuan Cermin memang dijaga oleh masyarakat sekitar baik dari keasrian dan kebersihan danaunya, oleh karenanya keasriannya masih terjaga sampai saat ini.

Warna air yang serupa dengan cermin ini kadangkali berubah-ubah, perpaduan gradasi warna yang timbul terkadang biru tua, biru agak muda, putih hingga kehijau-hijauan. Dengan kejernihan air danaunya kita bisa melihat secara langsung keindahan dasar danau dengan biota yang ada di dalamnya. Meski memiliki kedalaman hingga 3 meter, kita bisa dengan mudah untuk melihatnya. Jika Anda merasa penasaran dengan danau ini, bahkan Anda bisa melakukan kegiatan penyelaman hingga dasar danau.

Keunikan lain yang terjadi pada danau ini adalah air dari danau ini terbagi dua, yakni air tawar dan air asin. Untuk air di permukaan akan terasa tawar sedangkan untuk air di dasar danau akan terasa asin. Dari keunikan inilah Danau Labuan Cermin memiliki ekosistem hewan-hewan yang bervariasi. Untuk perairan yang atas akan dipenuhi ikan-ikan air tawar dan untuk perairan dasar akan dipenuhi biota-biota laut. Kedua perpaduan air tersebut akan dipisahkan oleh sebuah lapisan menyerupai awan putih yang merupakan bentuk dari pembusukan organisme sejak jaman dulu.

Misteri yang ada pada Danau Labuan Cermin masih belum terpecahkan juga hingga saat ini, banyak penelitian dilakukan tetapi masih belum ada yang cocok untuk membuktikan fenomena alam ini. Jika Anda penasaran dengan keindahan dan keunikan dari Danau Labuan Cermin ini, segeralah untuk berkunjung ke Desa Biduk-Biduk tempat danau misterius ini.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!