Keharmonisan Budaya dan Alam di Saung Angklung Udjo

In Jawa Barat
source:indonesia.travel
source:indonesia.travel
source:msozpinay.wordpress.com
source:nina-razan.blogspot.com
source:indonesia.travel
Written by Riyan Adiyahasya Posted 4th March 2013, 12:00am
Rate this article 

Saung Angklung Udjo (SAU) tak hanya sekedar tempat rekreasi semata. Berada di Kota Bandung, tepatnya di Jalan Padasuka No. 118. Saung Angklung Udjo merupakan tempat wisata edukasi dimana pengunjung melakukan kegiatan-kegiatan seni dan budaya Sunda, khususnya alat musik angklung. Tidak hanya turis lokal saja yang datang ke tempat ini,sudah banyak turis mancanegara yang telah datang ke SAU.

SAU didirikan pada tahun 1966 oleh Udjo Ngalagena danistrinya Uum Sumiati. Hasrat dan kecintaannya pada kesenian dan kebudayaan Sunda ? khususnya angklung ? merupakan alasan utama mereka mendirikan SAU. Berbagai pertunjukan seni ditampilkan setiap harinya, seperti pertunjukan angklung orkestra, wayang golek, tari topeng, workshop untuk alat musik angklung, dan kegiatan menarik lainnya.

SAU merupakan tempat yang indah dan nyaman. Selain udaranya yang sejuk, ornamen bambu banyak menghiasi tempat ini. Keharmonisan alam dan budaya digambarkan dengan cantik di tempat ini. Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini, sebaiknya disesuaikan dengan waktu pertunjukan, yaitu pukul 08.00 ? 14.00 (untuk pelajar) dan 15.30 ? 17.30 WIB (untuk umum).

Pendirian Saung Angklung Udjo sendiri terinspirasi dari filosofi guru Udjo Ngalagena yaitu Daeng Soetiga (pencipta angklung pada tahun 1938). Filosofi tersebut terurai menjadi lima unsur utama, yaitu mudah, murah, mendidik, menarik, dan massal (5M). Udjo menyempurnakan filosofi ini dengan menambahkan satu nilai, yaitu meriah.

Prinsip-prisip ini lalu dikembangkan menjadi sebuah konsep pertunjukan yang ideal, dikenal dengan nama Kaulinan Urang Lembur atau Permainan Orang Desa. Atas dasar inilah Saung Angklung Udjo hadir dalam sebuah konsep pertunjukan yang atraktif serta mendidik. Keceriaan dan kegembiraan selalu mewarnai setiap kegiatan di SAU.

Setelah puas bermain dan belajar bersama alat musik angklung, Saung Angklung Udjo juga menyediakan toko suvenir dengan berbagai hasil kerajinan dari bambu dan hiasan-hiasan cantik yang bisa Anda jadikan oleh-oleh. Untuk mencapai tempat ini, arahkan kendaraan Anda dari Cipularang menuju arah Cicaheum. Sekitar 100 meter sebelum Terminal Cicaheum, ikuti petunjuk menuju Jalan Padasuka. Tidak jauh dari sana, Anda akan menemukan lokasi Saung Angklung Udjo.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!