Kecantikan Pulau Tunda dan 5 Hal yang Bisa Dilakukan

In Banten
source:meandmytraveling.blogspot.com
source:meandmytraveling.blogspot.com
source:meandmytraveling.blogspot.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 9th July 2013, 7:50am
Rate this article 

Wisata pulau merupakan aktifitas yang dewasa ini sangat digandrungi wisatawan lokal. Kali ini, kita akan melihat keindahan salah satu objek wisata pulau yang letaknya tidak begitu jauh dengan Ibukota Jakarta. Bukan pulau-pulau cantik di Kepulauan Seribu ataupun Pulau Peucang di Banten, melainkan sebuah pulau di utara Teluk Banten, yaitu Pulau Tunda.

Pulau Tunda atau yang dikenal juga dengan Postpone Island ini secara administratif termasuk dalam wilayah Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Belum banyak wisatawan yang mengetahui pulau satu ini, terlihat dari keadaan alamnya yang masih alami atau ?gPerawan?h. Padahal, Pulau Tunda memiliki keindahan alam, baik pantai maupun alam bawah laut, yang memesona.

Berkaitan dengan keadaan alamnya yang indah, tentu ada banyak hal yang bisa dilakukan wisatawan di pulau ini. Walaupun merupakan sebuah daerah terpencil, kondisi Pulau Tunda cukup nyaman dinikmati wisatawan yang ingin jauh dari hiruk pikuk suasana kota. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dinikmati di Pulau Tunda.

1. Melihat lumba-lumba

Tidak hanya Teluk Kiluan yang terkenal dengan spot melihat lumba-lumba. Di Pulau Tunda juga Anda dapat berburu lumba-lumba yang masing sering muncul bergerombolan di pagi hari.

2. Snorkeling

Pulau Tunda memiliki keindahan bawah laut yang sayang jika dilewatkan. Pulau ini dikelilingi dengan terumbu karang yang sangat beragam, di antaranya banyak ditemui tipe karang seperti Fringing Reef di kedalaman sekitar 1 ? 10 meter.
Terumbu karang di Pulau Tunda banyak terdapat di bagian utara. Sedangkan di bagian timur hingga tenggara, terkenal dengan drift diving.

3. Memancing di Pulau Tunda

Ya, memancing merupakan kegiatan yang menarik untuk dilakukan di pulau ini. Masyarakat setempat pun memanfaatkan potensi ini sebagai mata pencaharian utama mereka.

4. Melihat pembuatan perahu

Di pulau ini terdapat tempat pembuatan perahu. Selain bisa melihat penduduk setempat membuat perahu, Anda juga bisa memesan perahu dengan tarif yang bervariasi tergantung model dan jenis perahunya.

5. Menikmati sunrise dan sunset di menara

Siapa yang tidak terpesona dengan panorama sunrise maupun sunset di tepi pantai. Lain halnya di Pulau Tunda, di pulau ini Anda dapat menikmati sunrise dan sunset dari sebuah menara di Kampung Barat. Di menara yang cukup tinggi ini Anda bisa melihat matahari terbit dan tenggelam dengan indahnya, dan juga melihat panorama pulau secara keseluruhan.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!