Kawasan Wisata Pendidikan dan Lingkungan Hidup - Sahabat Beruang Madu

In Kalimantan Timur
source:suma.ui.ac.id
source:leo4kusuma.blogspot.com
source:dwbckalbagtim.blogspot.com
Written by Rendyadi Amnar Posted 25th August 2013, 12:00am
Rate this article 

Mendengar namanya, Anda mungkin tidak bisa menebak apa isi dari tempat ini. Mungkin jauh dari bayangan Anda, namun tempat ini merupakan satu-satunya kawasan atau pusat konservasi beruang madu atau "Helarctos malayanus" di Indonesia, mengingat beruang madu merupakan maskot dari Balikpapan! Luas kawasan ini adalah 1,3 hektar dimana kawasan dirancang berupa hutan hujan tropis untuk menyerupai habitat asli dari beruang madu.


Beruang madu merupakan hewan yang biasa tinggal di atas pohon setinggi 2-7 meter dan membuat sarang dengan menggunakan dahan dan ranting pohon. Tidak sesuai dengan namanya, beruang madu tidak hanya mengkonsumsi madu, namun juga mengkonsumsi buah-buahan dan serangga, serta hewan-hewan kecil lainnya. 80-90% siklus hidup beruang madu digunakan untuk mencari makanan. Selain itu, beruang madu adalah jenis beruang terkecil di antara 8 jenis beruang lainnya yang ada di dunia.

Kawasan wisata ini buka setiap harinya dari jam 8 pagi hingga 5 sore. Tempat ini berlokasi di Kelurahan Karang Joang, atau tepatnya di Jl. Soekarno-Hatta km 23, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. Bagi Anda pecinta binatang ataupun yang ingin berwisata bersama keluarga, tempat ini dapat menjadi tempat yang menyenangkan untuk Anda kunjungi.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!