Karimunjawa - Kepulauan Eksotis di Lepas Pantai Jepara

In Jawa Tengah
source:exotika-lands.com
source:exotika-lands.com
source:travellnista.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 2nd March 2013, 6:42pm
Rate this article 

Pantai yang indah dengan kekayaan ekosistem flora dan fauna di kepulauan Karimunjawa merupakan salah satu tempat wisata bahari yang terbaik di Jawa. Kepulauan ini terdiri dari 27 pulau dengan luas 107.225 ha, 90 persen diantaranya berupa lautan dan sisanya daratan. Kepulauan indah di lepas pantai Jepara ini terbentang pantai-pantai berpasir putih, terumbu karang dengan keanekaragaman ikan karangnya, hutan mangrove, hingga hutan dataran rendah dapat Anda temukan di Karimunjawa.

Selain menikmati keindahan panorama alamnya, salah satu yang banyak diincar para wisatawan lokal maupun mancanegara adalah sensasi berenang bersama hiu di Pulau Menjangan Besar. Di pulau tersebut terdapat sebuah penangkaran hewan laut meliputi hiu hitam, hiu putih, ikan barakuda, dan penyu. Pengunjung diperbolehkan menyelam bersama hiu hitam yang tentunya tidak berbahaya karena jenis tersebut merupakan jenis hiu karang yang hanya memakan ikan-ikan kecil.

Karimunjawa juga menjadi rumah fauna langka, yakni elang laut dada putih di Pulau Burung dan Pulau Geleang, dan dua jenis penyu, yaitu penyu sisik dan penyu hijau. Selain itu, untuk para pecinta diving Karimunjawa merupakan tempat yang paling tepat. Perairan dangkal nan jernih dengan keanekaragaman terumbu karang yang dihuni oleh 242 jenis ikan hias. Disempurnakan oleh adanya beberapa bangkai kapal yang karam di Pulau Batu Kunci, Karang Kapal, Karang Ketel dan Batulawang. Anda juga dapat mengunjungi pulau lain seperti Pulau Menjangan Kecil dan Gosong Cemara sebagai spot yang bagus untuk diving.

Untuk mencapai lokasi tersebut, bagi Anda yang melakukan perjalanan dari luar Jawa Tengah, sebelumnya Anda harus singgah ke Jepara terlebih dahulu untuk melanjutkan perjalanan menggunakan kapal feri selama 6-7 jam. Namun, ada pilihan perjalanan yang lebih singkat,yaitu melalui Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, dengan menumpang kapal cepat yang memakan waktu sekitar 2-3 jam tergantung cuaca. Para turis juga dapat menggunakan transportasi udara dari Bandara Ahmad Yani, Semarang. Waktu tempuhnya sekitar 30 menit dari Bandara Ahmad Yani ke lapangan udara Dewadaru, Karimunjawa. Pesawat yang digunakan adalah jenis CASSA-212.

Bulan yang baik untuk berlibur ke Karimunjawaadalah bulan Mei dan Agustus. Pada bulan-bulan tersebutcuaca di sana sangat mendukung, dimana angin tidak terlalu kencang serta ombak pun tidak terlalu tinggi. Sehingga wisatawan dapat seharian penuh mengunjungi pulau-pulau lain tanpa hambatan cuaca.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!