Jembatan Ampera - Menikmati Indahnya Ikon Kota Palembang di Malam Hari

In Sumatera Selatan
source:kasfo.blogspot.com
source:suarasumsel.com
source:suarasumsel.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 16th May 2013, 6:00am
Rate this article 

Dari berbagai macam tempat wisata di Sumatera Selatan, Jembatan Ampera merupakan tempat yang menarik dan menawan. Selain pempek, Jembatan Ampera juga menjadi suatu identitas otentik yang akan mengingatkan siapa saja tentang Sumatera Selatan khususnya Palembang.

Jembatan yang membelah Sungai Musi ini menjadi jantung bagi kegiatan masyarakat Palembang sehari-harinya. Keseharian warga Palembang tidak akan bisa lepas dari jembatan ini karena Jembatan Ampera merupakan penghubung utama di pusat Kota Palembang.

Sedikit bercerita mengenai sejarahnya, Jembatan Ampera diresmikan pada tanggal 30 September 1965 oleh Presiden pertama Republik Indonesia Ir Soekarno. Sebelumnya nama jembatan ini adalah Jembatan Soekarno. Namun karena adanya goncangan politik, masyarakat bersama pemerintah mengganti nama jembatan tersebut menjadi Ampera. Ampera sendiri merupakan kepanjangan dari Amanat Penderitaan Rakyat.

Kini Jembatan Ampera bukan hanya sekedar menjadi alat penghubung antara seberang hulu dan seberang hilir saja, jembatan tersebut kini telah menjadi objek wisata yang murah meriah dan wajib dikunjungi terutama bagi wisatawan luar Kota Palembang. Jembatan yang memiliki panjang 1.177 meter dan lebar 22 meter ini setiap pekannya selalu ramai oleh pengunjung yang ingin menikmati suasana pinggiran Sungai Musi dengan background Jembatan Ampera yang menawan.

Pada malam hari Jembatan Ampera penuh dihiasi dengan kerlap-kerlip lampu hias yang dapat berubah-ubah setiap waktunya. Di sana Anda bisa menghabiskan malam ditemani terpaan cahaya yang memantul indah di aliran Sungai Musi. Tak hanya itu, terdapat juga Restaurant River Side yang didirikan di atas sebuah kapal tongkang dan menyediakan view langsung ke arah Jembatan Ampera. Menyantap hidangan yang lezat sambil menikmati pemandangan Jembatan Ampera yang menawan merupakan hal yang tidak boleh dilewati jika berkunjung ke Kota Palembang.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!