Indahnya Laguna Segara Anakan di Pulau Sempu

In Jawa Timur
source:arditafanisa.wordpress.com
source:terobosanhidupsehat.wordpress.com
source:diyansetia.wordpress.com
Written by Aditya Tri Hutama Posted 12th December 2013, 9:49am
Rate this article 

Jawa Timur, khususnya Kabupaten Malang, memang tak ada habisnya dalam menyuguhkan keindahan alamnya. Banyak sekali tempat wisata tersebar di kabupaten berhawa dingin ini. Salah satunya yang tidak boleh terlewatkan adalah wisata ke Pulau Sempu ditambah dengan Laguna Segara Anakan. Pulau yang berada di kawasan terpencil kawasan Malang ini banyak sekali menyimpan sejuta keindahan yang belum terekspos wisatawan dan para petualang.

Pulau yang terletak di Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang ini berada sangat jauh dari pusat Kota Malang, kira-kira hampir 80 km jauhnya. Pulau terpencil ini juga menjadi kawasan konservasi dan cagar alam di kawasan Jawa Timur di bawah naungan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA) dan Departemen Kehutanan Indonesia.

Keindahan Pulau Sempu terletak pada laguna yang ada di dalam rimbunnya hutan tropis yang mengelilinginya. Letak laguna ini tersembunyi di tengah hutan lebat Pulau Sempu. Dibutuhkan penyusuran dengan berjalan kaki melewati hutan hujan tropis ini. Perjalanan menantang akan terlebih dahulu dimulai dengan menyebrangi selat mini yang ada di tengah jajaran pulau di kawasan Sempu. Setelah berlabuhnya kapal di Teluk Semut, Anda akan melakukan trekking berdurasi 2 jam untuk menuju Laguna Pulau Sempu yang tersembunyi. Perlu diingat, pada saat proses trekking Anda harus sangat berhati-hati karena medan yang ada sangat curam dan ekstrem. Jika Anda tidak sanggup untuk menyusuri kawasan hutan hujan tropis yang ekstrem, alangkah baiknya untuk menyewa pemandu untuk membantu perjalanan menyusuri hutan lebat tersebut.

Usaha dan kerja keras melakukan perjalanan kaki selama dua jam akan terbayar ketika Anda berhasil sampai di Laguna Segara Anakan. Anda akan disuguhkan laguna cantik dengan birunya air dan putihnya pasir pantai yang ada di sekelilingnya. Birunya air yang ada di laguna ini memberikan ketenangan tersendiri terhadap siapapun yang melihatnya. Anda dapat berenang dengan sesuka hati untuk merasakan ketenangan dari birunya air yang terpisah dari laut lepas Pantai Selatan ini.

Ada beberapa tips untuk berwisata ke Pulau Sempu, salah satunya adalah mengurus surat ijin memasuki kawasan konservasi yang bisa Anda urus di Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur. Nantinya, surat ijin ini yang akan memberikan Anda hak akses untuk masuk dan beraktifitas di Pulau Sempu. Dan yang tidak boleh terlewat juga adalah perbekalanselama proses trekking dan berkemah di Segara Anakan. Ditambah juga dengan perlengkapan pribadi seperti jas hujan, sepatu yang tidak licin, jaket dan peralatan pribadi lainnya.

Untuk urusan pemandu, Anda bisa meminta bantuan para pemandu yang ada di Pos Cagar Alam Sempu di kawasan Pantai Sendang Biru, dan untuk proses penyebrangan selat mini dari kawasan Sempu ke Teluk Semut, Anda bisa menyewa perahu ke masyarakat setempat dengan tarif Rp.100.000,- untuk muatan kurang lebih 10 orang saja. Dan jangan lupa pula catat nomor telepon pemilik kapal untuk proses komunikasi saat jadwal pemulangan Anda dari Segara Anakan.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!