Indahnya Gunung Rinjani di Pulau Lombok

In Nusa Tenggara Barat
source:mostbeautifulscenery.blogspot.com
source:mountain-n-sea.blogspot.com
source:mountain-n-sea.blogspot.com
source:hms27010yulis.wordpress.com
source:fr.fotopedia.com
Written by Aditya Tri Hutama Posted 6th August 2014, 11:27am
Rate this article 

Mendapat predikat sebagai Gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia menjadikan Gunung Rinjani memiliki magnet yang cukup kuat untuk menjemput para petualang dan para pendaki dari berbagai penjuru nusantara dan dunia untuk menaklukannya. Dengan tinggi gunung yang mencapai 3.700 Meter di atas permukaan laut Gunung ini disukai banyak pendaki dan petualang karena pemandangan alam dan keindahannya yang seolah membius para pendaki yang pergi kesana. Menurut kesaksian para pendaki yang sudah berulang kali kesana, Gunung Rinjani memiliki pesona gunung yang paling indah dibanding dengan gunung-gunung lainnya yang ada di Indonesia bahkan di Asia juga.

Para petualang dan pendaki yang datang ke Gunung ini tidak hanya disajikan pemandangan panorama alam saja, di gunung ini para pendaki juga bisa menyaksikan berbagai flora dan fauna khas yang hanya ada di Gunung Rinjani ini. Keunikan-keunikan flora dan fauna ini memang didukung dengan ekosistem yang terjalin di lingkungan sekitar gunung tersebut, beragam keunikan ekosistem flora dan fauna yang sering menjadi daya tarik pendaki adalah beragamnya flora dan fauna di setiap tingkatan zonanya. Untuk disetiap 1000 Meter Anda akan melihat jenis flora yang berbeda dengan tingkatan di 2000 Meter dan tingkatan 3000 Meter  selanjutnya. Di zona 2000 Meter misalnya, Anda akan menemui banyak hidup pohon Cemara Gunung yang eksotis dan di zona 3000 Meter Anda akan terperangah dengan hamparan Bunga-bunga Edelweis.

Untuk jenis faunanya sendiri Anda akan bisa berinteraksi dengan banyak sekali hewan-hewan endemik yang ada disini, seperti yang sering terlihat adalah Monyet ekor panjang dan Monyet perak yang terbiasa usil dengan para pendaki yang sedang lewat di sekitar lingkungannya. Ada pula 100an lebih spesies burung khas yang hidup juga di gunung ini.

Dengan berbagai hal yang ada di gunung inilah banyak pendaki yang rela untuk bisa menaklukkan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia ini. Bahkan tidak sedikit pula banyak pendaki yang ikut hidup abadi di Gunung Rinjani akibat kelalaian para pendaki yang tidak mengikuti standart pendakian di Gunung Rinjani ini. Perlu penulis sampaikan pula bahwa Gunung Rinjani ini adalah gunung yang sedikit ganas bagi para pendaki yang tidak mengikuti peraturan dan keselamatan yang ada.  Perlu Anda ketahui juga bahwa suhu rata-rata yang ada di Gunung Rinjani ini adalah sekitar 20 derajat dan suhu paling dinginnya mencapai 10 derajat celcius. Dan penting juga diberitahukan bahwa pada bulan-bulan tertentu sering ada cuaca buruk yang datang secara tiba-tiba, sehingga bisa menyebabkan pendaki kehilangan arah. Usahakanlah untuk selalu bersama dengan instruktur dan pendaki yang profesional yang biasa ke Gunung Rinjani.


Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!