Indahnya Danau Tempe Penghasil Ikan Air Tawar Terbesar Di Dunia

In Sulawesi Selatan
source:http://www.quadernsdeviatge.cat
Written by Aditya Tri Hutama Posted 5th December 2013, 12:00am
Rate this article 

Obyek wisata danau yang satu ini patut Anda masukkan destinasi baru tempat wisata untuk Anda kunjungi. Nama dari danau ini sendiri adalah Danau Tempe, entah apa asal usulnya hingga danau ini dinamakan Danau Tempe. Yang jelas, danau di daerah Sulawesi Selatan ini terkenal akan keindahannya dan keasriannya. Kawasan Danau Tempe masuk dalam wilayah Kabupaten Waji, Kabupaten Soppeng dan Kabupaten Sidrap. Danau seluas 13.000 hektar ini menjadi sumber penghasilan masyarakat tiga kabupaten tersebut untuk menyambung hidup.

Perlu diketahui juga bahwa Danau Tempe ini menjadi danau penghasil ikan air tawar terbesar di Indonesia dan dunia. Ini menandakan bahwa ekosistem air yang ada di Danau Tempe masih terjaga dengan lestari. Hal lain yang menjadikan Danau Tempe dapat menjadi penghasil ikan air tawar terbesar di dunia karena ditunjang dengan melimpahnya sumber makanan ikan yang hidup di danau ini. Dengan adanya 23 sungai yang bermuara di danau ini, bisa dibayangkan betapa bagusnya ekosistem air tawar yang terbentuk dan cocok untuk perkembangbiakan ikan.

Ikan-ikan air tawar endemik yang bernilai ekspor tinggi juga banyak ditemukan di danau. Beberapa jenis ikan yang dapat ditemukan antara lain seperti ikan binishi dan ikan celebes rainbow. Tak tanggung-tanggung, ikan endemik dari danau ini menjadi komoditas utama untuk negara-negara Benua Eropa dan Amerika.

Dengan sajian pemandangan indah danau dan perkampungan apung Suku Bugisjejer yang melintang di kawasan danau, menjadikannya sebuah pemandangan langka dan unik dimana keindahan alam terpadu dengan pemandangan hiruk pikuk lingkungan masyarakat Suku Bugisjejer. Rumah-rumah Suku Bugisjejer tersebut terapung di tengah-tengah ketenangan air Danau Tempe. Anda bisa melakukan beragam aktifitas di tengah-tengah danau ini. Bahkan Anda bisa menyusuri danau dengan perahu nelayan hingga memancing di tengah-tengah danau.

Tidak lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Danau Tempe tanpa merasakan pengalaman melihat terbenamnya matahari dari atas rumah apung Suku Bugisjejer. Ditambah lagi Anda bisa menyaksikan lalu lalang burung-burung danau yang hilir mudik untuk pulang ke peraduannya. Jika malam sudah tiba, Anda bisa memancing ditemani sinar rembulan dan memasak hasil pancingan di atas rumah apung.

Akses untuk menuju Danau Tempe adalah jalan darat menggunakan angkutan umum dari Kota Sengkang menuju Sungai Walennae. Dan selanjutnya bisa menyewa perahu motor untuk melanjutkan perjalanan ke Danau Tempe selama kurang lebih 30 menit. Untuk harga sewa perahu motornya sendiri adalah Rp.50.000-, sampai Rp.75.000-,per orangnya.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!