Harmonisasi Pemandangan Alam Pulau Siladen

In Sulawesi Utara
source:siladen.com
source:backpackmojo.com
source:backpackmojo.com
source:siladen.wordpress.com
Written by Nena Nikita Posted 1st September 2014, 2:26pm
Rate this article 

Salah satu pulau yang membentuk Taman Nasional Bunaken di Provinsi Sulawesi Utara adalah Pulau Siladen. Nama Siladen berarti kandas, yang mana nama pulau ini berasal dari sebuah cerita tentang sebuah kapal yang dipergunakan orang Sangiet ketika berlayar dan tenggelam ditengah laut karena mengalami kecelakaan. Lokasi tempat kapal tenggelam itulah yang saat ini dikenal dengan nama Pulau Siladen.Pulau yang memiliki luas sekitar 31,25 hektar ini memang menyimpan sejuta keindahan. Terletak tepat di sebelah timur Bunaken, pulau ini hanya berjarak 3 kilometer dan 8 mil dari pusat kota Manado.

Dikelilingi pasir putih yang cantik, tentu pulau ini merupakan tempat yang tepat bagi anda yang suka dengan suasana alami. Pemandangan alam, suara kicauan burung, suasana keindahan alam bawah laut serta hembusan angin laut yang segar dan matahari khas pantai akan menjadi harmonisasi alam yang indah.
Anda bisa memilih atraksi wisata yang Anda suka, mulai dari menaiki perahu kaca (katamaran), menyelam, hingga melihat pepohonan palem, sagu, woka, silar, dan kelapa yang tumbuh di sekelilingnya. Jika beruntung, maka Pengunjung bisa bertemu dengan rusa, kuskus, dan beberapa jenis satwa kera hitam yang memiliki nama latin Macaca Nigra Nigra.

Tak hanya keindahan di darat, tapi keindahan bawah lautnya juga tidak perlu diragukan lagi. Ada terumbu karang yang terlihat seperti rak – rak buku dan setiap rak memiliki berbagai macam jenis ikan yang berbeda. Mulai dari Hippocampus kuda atau ikan kuda gusumi, Seriola rivoliana atau oci putih, Lutjanus kasmira atau lolo si ekor kuning, Scolopsis bilineatus atau ila gasi, dan masih banyak lagi dimana ikan-ikan tersebut menjadikan perairan Pulau Siladen seperti rumah. Selain itu ada juga jenis moluska seperti kima raksasa. Untuk menyelam, ada dua spot yang paling potensial  yaitu Siladen dan Siladen Utara dengan kedalaman 20 meter sampai 50 meter.

Setelah menyelam tentu perut akan terasa lapar. Bubur Manado bisa menjadi pilihan yang pas. Bubur yang lezat ini lebih nikmat disajikan dengan peyek yang terbuat dari gerusan ikan teri kecil-kecil dan sambal cikalang yang akan menambah nafsu makan dan akan membuat perut terasa kenyang.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!