Gunung Mahawu - Cara Asyik Menjelajah Gunung

In Sulawesi Utara
source:content.rajakamar.com
source:alamindahajid.blogspot.com
source:content.rajakamar.com
source:content.rajakamar.com (2)
Written by Nena Nikita Posted 25th August 2014, 1:06pm
Rate this article 

Bagi Anda yang suka mendaki gunung, maka jangan lewatkan untuk mendaki Gunung Mahawu yang berada di Sulawesi Utara.  Gunung Mahawu terletak di sebelah timur gunung berapi kembar, yakni Gunung Lokon dan Gunung Empung yang terletak di Sulawesi Utara.  Masyarakat Minahasa memberi nama Mahawu pada gunung ini karena seringnya mengeluarkan abu. Gunung Mahawu pernah meletus pada tahun 1789. Dan di tahun 1994 gunung ini mengeluarkan letupan lumpur fumarol dan aktivitas geyser yang terjadi di sepanjang danau kawah yang berwarna kehijauan dan baru berakhir pada tahun 1999. Sejak itu, Gunung Mahawu sudah tidak aktif lagi.

Bagi Anda yang ingin mencoba untuk mendaki gunung maka Gunung Mahawu bisa menjadi gunung yang patut dicoba. Selain dikategorikan sebagai gunung api non aktif yang aman untuk dilakukan pendakian, di sini Para Pendaki bisa menikmati keindahalan alam yang sangat mempesona.Meskipun memiliki tinggi mencapai 1.311 meter diatas permukaan laut, tapi Pendaki akan bisa menjangkau puncak gunung dengan mudah, karena memang pemerintah Kota Tomohon telah membuat akses yang bagus dan juga nyaman untuk menuju puncak Mahawu. Misalnya, dari lokasi parkir sudah disediakan tangga yang terbuat dari beton lengkap dengan pengangan ditengah untuk memudahkan Pendaki memulai langkahnya.

Jika sudah sampai di puncak, Anda akan bisa menikmati pemandangan yang sangat indah sambil bersantai di teras  lapang yang memang sudah dibangun. Dari teras ini, terlihat pula kawah Gunung Mahawu yang memiliki diameter sekitar 180 meter. Sehingga, bagi Anda yang tidak suka dengan aroma belerang maka sebaiknya menyiapkan masker karena bau belerang yang terbawa angin masih jelas tercium dari teras ini. Selain itu, Anda juga bisa melihat Pulau Manado Tua dan pulau-pulau lainnya yang telah menjadi satu kesatuan yang indah. Satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan adalah menikmati indahnya matahari terbit dan matahari terbenam.

Dinas Kehutanan juga menjaga dan merawat kekayaan flora di Gunung Mahawu. Uniknya lagi, semua pengunjung yang datang kesini akan ditawari menanam pohon sebagai kenang-kenangan. Jika Anda menanam satu pohon, maka akan diberi label nama Anda. Ini akan membuktikkan bahwa Anda juga turut berkontribusi dalam penghijauan hutan.

Perjalanan menuju Mahawu cukup singkat dan bisa Anda tempuh selama 30 menit dari Kota Tomohon. Yang tidak kalah seru, sepanjang perjalanan Anda akan dapat melihat perkebunan holtikultura yang cantik. Belum lagi warna sayuran kontras berpadu dengan warna cokelat pada tanah yang subur menimbulkan kesan warna yang menyejukkan mata. Siapa pun akan sangat menikmati seluruh rangkaian wisata ke Gunung Mahawu.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!