Gunung Klabat - Gunung Tertinggi di Sulawesi Utara

In Sulawesi Utara
source:gunungbagging.com
source:panoramio.com
Written by Rendyadi Amnar Posted 8th October 2013, 7:47am
Rate this article 

Jika Anda melakukan perjalanan menyusuri Provinsi Sulawesi Utara, mata Anda akan dimanjakan dengan panorama Gunung Klabat yang berdiri tegak. Hamparan pohon dan hutan tropis yang menumbuhi tanah yang tersebar di dalamnya akan membuat Anda tak sabar untuk menyusurinya.

Gunung Klabat merupakan gunung dengan puncak tertinggi di provinsi ini. Dengan puncak yang mencapai tinggi 2100 meter, gunung ini juga disebut dengan nama Gunung Tamporok oleh masyarakat Tonsea, atau Minahasa Utara. Terdapat beberapa jalur pendakian gunung ini, yakni jalur Desa Laikit, jalur desa Klabat, dan yang paling populer adalah jalur Desa Airmadidi.

Gunung Klabat merupakan gunung api yang tidak aktif lagi. Dengan segala keindahaannya yang memang sangat terjaga, gunung ini merupakan salah satu gunung yang paling banyak diminati oleh para pendaki. Sensasi jalan yang menanjak dan berliku merupakan sebuah tantangan tersendiri.

Perjalanan untuk mencapai puncak Gunung Klabat hanya membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit dengan mayoritas jalur yang ditumbuhi oleh alang-alang. Puncak Gunung Klabat memiliki kepundan yang berbentuk danau kecil dengan air yang sangat jernih. Titik ini merupakan salah satu area favorit para pendaki. Indahnya panorama alam sekitar serta sejuknya udara di gunung ini merupakan salah satu keunggulan Gunung Klabat. Jika Anda beruntung, Anda dapat melihat pemandangan Kota Manado dengan hamparan pantainya serta beberapa gunung seperti Gunung Lokon dan Gunung Tangkoko. Namun jika Anda tidak beruntung, Anda hanya akan melihat kabut tebal yang menghalangi pemandangan luar dari gunung ini.

Bagaimana cara menuju ke sana?

Perjalanan dapat Anda mulai dari Kota Manado dan hanya akan memakan waktu sekitar 30 menit saja hingga sampai di Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara, yang merupakan akses utama ke area Gunung Klabat.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!