Gunung Gamalama Gunung Kramat di Ternate

In MALUKU UTARA
Written by Riyan Adiyahasya Posted 17th July 2013, 4:15pm
Rate this article 

Gunung Gamalama merupakan salah satu gunung api yang berada di Provinsi Maluku Utara, yang memiliki ketinggian 1.715 m dpl. Gunung berapi ini kokoh menghiasi keseluruhan Pulau Ternate.  Dalam sejarahnya, Gunung Gamalama sudah lebih dari 60 kali meletus. Meski telah beberapa kali meletus, gunung ini tetap memancarkan pesona alam yang luar biasa.

Masyarakat Ternate percaya bahwa Gunung Gamalama memiliki banyak nilai-nilai keramat. Sekali dalam setahun mereka mengadakan sebuah ritual bernama Kololi Lae, yakni ritual mengelilingi Gunung Gamalama seraya memanjatkan doa untuk memohon keselamatan dan kesejahteraan.

Di lereng Gunung Gamalama terdapat Desa Marikurubu, dimana penduduknya masih tinggal di rumah-rumah tradisional dan tetap mempertahankan adat istiadat tradisional mereka. Desa ini merupakan kawasan yang sangat bagus untuk kegiatan hiking. Jika ingin mencapai puncak Gunung Gamalama, dibutuhkan kurang lebih 4 jam pendakian. Namun para travelers harus memastikan status Gunung Gamalama terlebih dahulu agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Banyak para penjelajah alam yang sangat tertarik untuk mendaki Gunung Gamalama serta memburu keindahan alamnya di puncak gunung. Pemandangan Pulau Ternate pun secara menyeluruh terlukis dengan indahnya di puncak gunung, ditambah panorama lautan biru nan cantik di sekelilingnya.

Selepas dari itu, ada banyak keindahan alam yang disajikan oleh Gunung Gamalama, seperti hamparan perkebunan cengkeh dan pala, Batu Angus (bongkahan batu berwarna hitam yang berasal dari muntahan kawah Gunung Gamalama), dan Danau Tilore yang juga banyak diincar oleh para wisatawan yang datang ke Ternate

Bagaimana cara ke Gunung Gamalama dan mencapai puncaknya?

Dengan menggunakan pesawat terbang, Anda dapat langsung menuju Bandara Sultan Babullah di Kota Ternate.  Dari Ternate perjalanan dapat dilanjutkan dengan kendaraan umum menuju Desa Moya selama 30 menit.

Untuk sampai di puncak Gunung Gamalama, terdapat dua akses jalan yang biasa digunakan sebagai jalur pendakian, yaitu dari Desa Marikurubu dan Moya. Dengan ditemani oleh seorang guide, pendakian akan berakhir pada check point terakhir, yakni di puncak utama Gunung Gamalama, atau biasa disebut buku gamalama.

 

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!