Gunung Dempo - Sensasi Pemandangan Alam yang Memukau

In Sumatera Selatan
source:liburandindonesia.wordpress.com
source:liburandindonesia.wordpress.com
source:himpalaunas.com
Written by Nena Nikita Posted 14th January 2014, 12:00am
Rate this article 

Gunung Dempo menjadi puncak tertinggi di antara gunung-gunung yang berada di Provinsi Sumatera Selatan. Kawasan pegunungan ini terletak di antara Provinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu tepat berada di kota yang terkenal karena hawa dinginnya dan sebagai penghasil kopi robusta yaitu Kota Pagaralam yang juga menjadi kabupaten di kota tersebut. Sesuai dengan namanya, kota ini dikelilingi perbukitan dan pegunungan nan hijau.

Untuk mencapai wisata gunung dempo, Anda membutuhkan perjalanan yang panjang, kira-kira sekitar 7 jam dari Kota Palembang sampai ke Kota Pagaralam. Dari sini, anda sudah bisa menikmati suasana indah alam kebun teh nan hijau, walau jarak antara gunung dempo dengan kota ini sekitar 15 km. Tetapi selama perjalanan, Anda tidak akan pernah bosan karena pemandangan alam yang menakjubkan siap menyambut dan memanjakan mata.

"Anda akan menyaksikan kepulan asap yang berasal dari kawah yang masih aktif, suasana hening kehijauan dan cakrawala yang membentang akan memanjakan mata"

Jalur menuju kaki gunung cukup terjal dan berkelok, namun hal ini tidak akan membuat para pengunjung mengeluh karena pemandangan sekitar yang hijau penuh kedamaian membuat para pengunjung rileks dan menikmati hembusan anginnya.

Minum air gunung yang jernih dan segar serta menikmati kicau burung bernyanyi semakin membuat Anda merasa nyaman. Dan momen ini akan menjadi pengalaman yang tak akan Anda lupakan. Belum lagi ketika Puncak Dempo anda taklukkan, hal ini akan menjadi pengalaman luar biasa yang tak akan pernah terbayar dengan materi berapapun jumlahnya! Anda akan menyaksikan kepulan asap yang berasal dari kawah yang masih aktif, suasana hening kehijauan dan cakrawala yang membentang akan memanjakan mata. Dari Puncak Dempo, Anda juga dapat menyaksikan pesona Provinsi Bengkulu dengan Samudera Hindianya. Dan tentunya pemandangan Provinsi Sumatera Selatan yang indah akan terpampang jelas di mata anda. Di sepanjang lereng Gunung Dempo Anda juga dapat menikmati sisa-sisa sejarah yang berbentuk ukiran batu dalam bentuk manusia, hewan dan lainnya.

Titik awal untuk memulai hiking adalah pabrik teh PTPN III. Anda juga bisa meminta tolong untuk diantarkan penduduk setempat ke desa terdekat yaitu Kampong Empat. Hiking dan trekking adalah kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini. Untuk perjalanan turun, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Apabila Anda ingin bermalam, Anda dapat menginap di Kampong Empat dengan izin keamanan setempat.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!