Gunung Bromo - Pesona Terindah di Jawa Timur

In Jawa Timur
source:cybersulut.com
source:kumpulanfoto.net
source:sekaranindya.wordpress.com
source:travelfish.org
Written by Riyan Adiyahasya Posted 18th March 2013, 3:41am
Rate this article 

Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif dan terkenal sebagai ikon wisata di Jawa Timur. Terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau di sebelah timur Kota Malang. Gunung ini menawarkan pemandangan spektakuler berupa lembah dengan lautan pasir seluas 5.250 hektar, dan berada pada ketinggian sekitar 2.100 m dpl. Tak pelak bila gunung ini menjadi primadona wisata di Jawa Timur, keindahan alam pegunungan serta lautan pasirnya wajib Anda jelajahi.

Gunung Bromo termasuk dalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, dan merupakan satu-satunya kawasan konservasi di Indonesia yang memiliki keunikan berupa laut pasir di ketinggian 2.100 meter. Memiliki tipe ekosistem sub-montana, montana dan sub-alphin dengan beragam jenis fauna di dalamnya. Terdapat sekitar 137 jenis burung, 22 jenis mamalia dan 4 jenis reptilia di Taman Nasional ini.

Gunung Bromo berada dalam empat wilayah, yaitu Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang. Selain lautan pasir yang menjadi andalannya, Gunung Bromo juga memiliki sebuah kawah berdiameter 800 meter (utara-selatan) dan 600 meter (timur-barat). Di bawah kaki gunung terdapat sebuah pura yang biasa digunakan untuk upacara adat dan keagamaan oleh masyarakat setempat. Anda bisa berkeliling menyusuri padang pasir seraya menikmati pemandangan alam dengan berkuda atau menggunakan jeep yang disewakan.

Bromo dalam bahasa Sangsakerta atau Jawa Kuno adalah Brahma, atau salah seorang dewa agama Hindu. Gunung Bromo oleh penduduk asli setempat, yaitu Suku Tengger, dipercaya sebagai gunung suci. Mereka rutin melakukan sebuah upacara adat bernama Yadnya Kasada atau Kasodo. Upacara tahunan ini dilakukan dengan melemparkan sesajen berupa sayuran, ayam, dan uang ke dalam kawah sebagai wujud rasa bersyukur terhadap dewa-dewanya. Kasada biasanya digelar pada bulan September-November, dan telah berhasil menyedot banyak pengunjung untuk berdatangan ke Gunung Bromo

Kawasan Gunung Bromo memiliki kondisi udara yang segar dan cukup dingin. Di sekitarnya berdiri juga Gunung Tengger, Batok, dan Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Jika ingin merasakan keindahan Bromo secara klimaks, saksikan sunset dan sunrise di bukit penanjakan yang merupakan pemandangan yang luar biasa indahnya. Bukit penanjakan merupakan titik tertinggi di Gunung Bromo, dimana mata akan menatap indahnya matahari keluar dari peraduan maupun sebaliknya.

Bagaimana Cara ke Gunung Bromo?

Untuk sampai ke Gunung Bromo Anda dapat melakukan perjalanan udara atau darat menuju Kota Malang. Setibanya di Malang, Anda bisa mengambil rute perjalanan dari Malang ? Tumpang ? Gubuk Klakah ? Jemplang ? Gunung Bromo, yang berjarak 53 km. Atau bisa juga Malang - Purwodadi ? Nongkojajar ? Tosari ? Wonokitri ? Penanjakan, berjarak 83 km. Setibanya Anda bisa menyewa kuda dengan ongkos sewa sekitar Rp 80 ribu, menyewa kendaraan, atau berjalan kaki di bawah lautan pasir. Perjalanan yang cukup melelahkan ini sekiranya akan terlunasi oleh panorama alam yang menakjubkan.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!