Gunung Api Purba - Tempat Terbaik Melihat Langit Yogyakarta

In Yogyakarta
source:diasporaiqbal.blogspot.com
source:rezafitriyanto.wordpress.com
source:glanggeran-gunungkidul.info
source:diasporaiqbal.blogspot.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 12th September 2013, 12:02am
Rate this article 

Gunung Nglanggeran atau lebih populer juga disebut Gunung Api Purba merupakan kawasan yang memiliki bentang alam yang sangat indah dan secara geologi bernilai ilmiah tinggi, karena tersusun oleh material vulkanik tua dan merupakan gunung berapi dari zaman purba. Terletak di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Kini, Gunung Ngalanggeran menjadi tempat favorit para pendaki yang ingin melihat pemandangan Kota Yogyakarta dari atas ketinggian.

Gunung ini litologinya tersusun oleh material vulkanik tua di dua puncak yakni puncak barat dan puncak timur, serta sebuah kaldera di tengahnya. Dengan ketinggiannya yang mencapai 200-700 m dpi dan berjejerkan batu-batu raksasa, tempat ini sangat cocok untuk kegiatan seperti panjat tebing, trekking, berkemah, berburu pemandangan, atau mencoba menaklukkan batu-batu besar untuk didaki. Selain itu, banyak juga dari para wisatawan yang sengaja menaklukkan gunung ini untuk berburu sunrise, tatkala mata Anda akan dimanjakan oleh pemandangan mentari pagi Yogyakarta di atas ketinggian.


Untuk merasakan keindahan gunung ini secara maksimal, terlebih dahulu Anda harus melewati 5 pos peristirahatan untuk sampai di puncak gunung. Tak perlu khawatir bagi Anda yang belum mahir mendaki, karena rute pendakiannya mudah untuk dilalui dan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam. Setibanya Anda di puncak, sejauh mata memandang Anda akan melihat hijaunya sawah dan ladang, pedesaan, bahkan di malam harinya terpapar cahaya bintang dan gemerlap lampu kota yang membuat pemandangannya semakin eksotis.

Selain indah, Gunung Api Purba ini juga memiliki beragam cerita di baliknya. Menurut cerita, di puncaknya terdapat sebuah dusun yang bernama Dusun Tlogo Mardidho yang dihuni oleh 7 kepala keluarga. Konon jika kepala keluarga yang tinggal di dusun ini kurang atau lebih maka akan terjadi hal-hal buruk yang tidak diinginkan.

Jika Anda berkeinginan mengunjungi Gunung Api Purba, gunung ini terletak di kawasan Baturagung di utara Kabupaten Gunungkidul, tepatnya di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Yogyakarta, atau dapat ditempuh dengan jarak sekitar 22 km dari Kota Wonosari. Sedangkan untuk tiket masuk, Anda akan dikenakan biaya Rp 5.000 dan khusus pendakian malam hari sebesar Rp 7.000.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!