Goa Putri - Pesona Wisata Alam dengan Legendanya nan Unik

In Sumatera Selatan
source:www.panduanwisata.com
source:pabinista.blogspot.com
source:bentangku.wordpress.com
Written by Nena Nikita Posted 5th February 2014, 3:32am
Rate this article 

Obyek wisata Goa Putri memiliki pemandangan yang indah dan legenda yang unik. Terletak di Desa Padang Bindu, Kecamatan Ogan Komering Ulu. Salah satu obyek wisata alam yang menawarkan eksotisme batu-batuan yang membentuk stalaktit dan stalagmit di lantai goa dan di atapnya. Bentuknya yang bermacam-macam menambah keindahan pemandangan goa ini. Destinasi wisata Goa Putri bukanlah obyek wisata yang asing, bahkan berbagai pengunjung dari luar kota juga banyak berdatangan menikmati wisata Goa Putri ini.

Letaknya yang strategis dan mudah dicapai dari jalan raya membuat goa ini semakin banyak didatangi. Dari atas jembatan pengunjung dapat menyaksikan aktivitas penduduk sekitar yang sedang mencuci di sungai dekat Goa. Pengunjung juga dapat menyaksikan batu yang berada tepat di tengah-tengah sungai seperti batu yang tumbuh. Konon, batu itu adalah wujud seorang putri yang dikutuk oleh si Pahit Lidah, seorang pendekar pada masa itu.

Goa Putri mempunyai kedalaman sekitar 150 m dengan lebar 8-20 m. Di dalam Goa ini terdapat lempengan batu yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat duduk ataupun sebagai tempat untuk berbaring sambil menikmati suasana goa. Di dalam Goa telah dipasang lampu- lampu sebagai penerangan, tetapi tidak menyebar hingga ke dalam. Hingga kesan gelap goa masih sangat terasa. Selain itu juga terdapat cerukan lobang dengan air yang menggenang layaknya jurang kecil, sehingga pengunjung harus berhati- hati!

Bagi pengunjung yang berencana datang ke Goa Putri, disarankan untuk membawa bekal makanan karena di sekitar Goa tidak ada rumah makan. Pengunjung hanya dikenai tiket sebesar Rp. 5.000 per orang untuk memasuki goa, dan Rp. 10.000 untuk parkir kendaraan.

Untuk sampai di Goa Putri, dari bandara Sultan Mahmud Badaruddin II pengunjung dapat menyewa mobil atau jika ingin menggunakan jasa angkutan umum, pengunjung dapat memilih bus ke Baturaja. Dari Baturaja ke Goa Putri terdapat beberapa transportasi umum yang bisa pengunjung manfaatkan.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!