Goa Gong - Keindahan Bawah Tanah dengan Lantunan Irama Gong

In Jawa Timur
source:setapakkecil.blogspot.com
source:setapakkecil.blogspot.com
source:ardhagusta.blogspot.com
Written by Rendyadi Amnar Posted 29th August 2013, 12:00am
Rate this article 

Goa Gong merupakan salah satu surga tersembunyi dari banyaknya surga wisata yang menakjubkan yang ada di Indonesia. Goa horizontal yang memiliki panjang kira-kira 256 m ini terletak di Pacitan, Provinsi Jawa Timur, atau tepatnya di Desa Bromo, Kecamatan Punung.

Dalam goa ini, kita akan menjumpai ribuan stalagtit, yaitu bebatuan kapur berbentuk kerucut yang ada pada langit-langit goa, serta stalagmit, yaitu bebatuan kapur yang berdiri tegak dari dasar goa yang umurnya telah mencapai ratusan tahun.

Menurut beberapa sumber, asal nama "Gong" adalah karena seringnya terdengar suara-suara dari dalam goa yang menyerupai suara alat musik gong. Konon, kini telah diketahui bahwa di dalamnya terdapat bebatuan tertentu yang bila kita pukul atau tabuh, akan mengeluarkan bunyi yang mirip dengan gong.

Goa yang ditemukan sekitar tahun 1930 ini memiliki pemandangan perut goa yang sangat memukau bagi siapapun yang mengunjunginya. Terlebih dengan banyaknya stalgtit dan stalagmik yang bertebaran di dalam goa yang tentunya akan menghipnotis mata para pengunjung akan keindahannya. Belum lagi lampu-lampu neon dengan warna-warna yang terang dan beragam menambah nilai eksotis goa ini. Yang paling mengesankan dari goa ini adalah adanya ruang khusus yang menyimpan batu kristal dan marmer dengan kualitas tinggi yang mendekati sempurna.

Berwisata bersama keluarga ataupun teman-teman tidak hanya dapat dihabiskan dengan bersantai bersama di pantai ataupun gunung. Sudah saatnya Anda mencoba alternatif wisata lain seperti mengunjungi goa-goa tersembunyi di balik pegunungan yang menyimpan sejuta pesona.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!