Festival Perahu Sandeq dan Eksotisnya Pantai Manakara

In Sulawesi Barat
source:http://indonesia.travel
source:http://panjichuby.blogspot.com
source:http://panjichuby.blogspot.com
Written by Aditya Tri Hutama Posted 16th May 2014, 4:32am
Rate this article 

Berpasir hitam dan lautnya yang biru menunjukan kawasan ini masih terjaga dari tangan-tangan jahil para perusak alam. Pantai indah ini terletak di kota kecil di Sulawesi Barat, tepatnya di Kota Mamuju. Pantai yang menjadi primadona warga Mamuju untuk mengisi waktu luang dan berwisata ini adalah pantai yang termasuk eksotis dari beberapa pantai yang ada di Pulau Sulawesi. Dengan ciri khas deretan pohon cemara di sepanjang garis pantainya menjadikan pantai ini sejuk dan unik. Jika di pantai lain biasa kita temui pohon kelapa yang berjajar-jajar, di Pantai Manakara ini malah ditemui banyak pohon cemara. Tak tanggung-tanggung panjangnya hingga 5 km!

Satu hal yang sering warga Mamuju lakukan adalah duduk di tepi pantai setiap pukul 4 sore, banyak warga di sini menyukai menonton matahari terbenam atau sunset di tepi pantai. Kegemaran ini memang mengasyikkan dan membuat para penikmatnya ingin berlama-lama duduk di tepi pantai. Dengan ditemani makanan dan minuman yang ada di tepi pantai menambah asyiknya menyaksikan sunset tersebut.

Tidak hanya wisata pantai saja yang disajikan Pantai Manakara ini, kearifan lokal masyarakat yang ada di pesisir pantai ini juga tidak luput dari sasaran para wisatawan untuk menggali informasi mengenai kebudayaan para nelayan yang ada disini. Di pantai berpasir hitam ini Anda bisa melihat berbagai aktifitas para nelayan yang hilir mudik beraktifitas untuk bekerja mencari ikan.

Di bulan-bulan tertentu semisal bulan Agustus, di Pantai Manakara selalu ramai karena di bulan ini jatuh menjadi Hari Ulang Tahun Kota Mamuju. Berbagai kegiatan biasa digelar di pantai ini, mulai dari pesta ikan bakar, dasar olahan laut dan lomba Perahu Sandeq. Yang dinanti dan sangat disukai oleh wisatawan lokal maupun mancanegara adalah lomba Perahu Sandeq tersebut. Lomba perahu tradisional ini dijadikan acara utama dari perayaan hari ulang tahun Kota Mamuju. Para nelayan akan berpacu dengan perahunya untuk bisa mencapai garis finis yang ditentukan.

Yang menjadi unik dan mengasyikkan adalah perjalanan lomba perahu ini mulai dari start hingga finish menempuh jarak 60 Km, mulai dari Pantai Manakara hingga Pantai Losari. Ini sungguh jauh dan menguras energi para peserta lomba yang mengikutinya. Bisa Anda rasakan bagaimana mendayung Perahu Sandeq dengan jarak perjalanan yang begitu jauh. Hanya para Pessandeq tangguh lah yang bisa mencapai garis finish. Tontonan inilah yang banyak memikat turis-turis untuk berkunjung ke Pantai Manakara.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!