Dodola Pulau Cantik di Sisi Barat Morotai

In MALUKU UTARA
source:adventures-journal.blogspot.com
source:stenisia.wordpress.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 17th December 2013, 3:59pm
Rate this article 

Siapa yang tidak terpana dengan keindahan Pulau Morotai. Landscape alam di Provinsi Maluku Utara ini selalu berhasil memikat wisatawan. Namun, kali ini kita akan bergeser ke sebelah barat Pulau Morotai, di sana terdapat sebuah pulau yang keindahannya bahkan disebut-sebut sebagai yang terindah di Morotai, yaitu Pulau Dodola.

Pulau Dodola berjarak sekitar 5 mil dari Daruba, Ibukota Kecamatan Morotai Selatan. Pulau ini tidak berpenghuni, namun ada sekitar delapan cottage sederhana yang dikelola oleh pemerintah. Luasnya hanya sekitar 1.800 kilometer persegi, dan terbagi menjadi 2 pulau yang berdekatan, yaitu Pulau Dodola Besar dan Dodola Kecil. Uniknya, kedua pulau tersebut akan saling terhubung ketika air laut sedang surut, dan akan terpisah kembali saat pasang.

Salah satu alasan para wisatawan datang ke Morotai adalah karena keberadaan pulau satu ini. Air lautnya begitu jernih dan membiru, terlebih hamparan pasir sehalus tepung membuat Dodola semakin diindahkan. Anda pun bisa berenang bebas di sekitaran pulau, tanpa takut terbawa ombak, karena gelombangnya telah terpagari oleh pulau-pulau di sekitarnya.

Selain panorama alamnya yang memesona, Pulau Dodola juga sempat menjadi tempat bersejarah bekas Perang Dunia ke-2. Pada September 1944, pulau ini direbut Sekutu dari Jepang dan dijadikan sebagai pusat pangkalan perang pasukan Amerika Serikat di bawah pimpinan Jendral Douglas MacArthur. Morotai dipilih karena posisinya yang strategis di sisi Samudera Pasifik.

Cara menuju ke Pulau Dodola

Satu-satunya jalan yang bisa ditempuh menuju Pulau Dodola adalah melalui jalur laut. Ya, karena memang Pulau Dodola tidak memiliki bandara ataupun lintasan terbang. Namun, untuk Anda yang berada di luar Provinsi Maluku Utara, untuk sampai ke Pulau ini dapat melakukan penerbangan menuju Bandara Baabullah Ternate.

Dari Ternate, setiap harinya sudah ada penerbangan komersial yang menuju Morotai. Setibanya di Morotai, Anda cukup menyewa perahu atau speed boat menuju Pulau Dodola. Soal tarif Anda memang harus mengeluarkan kocek yang cukup besar, sekitar Rp 1 – 1,5 Juta.

 

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!