Danau Tolire Tempat Kediaman Buaya Putih

In MALUKU UTARA
source:wisoto.com
source:wisata.kompasiana.com
Written by Rendyadi Amnar Posted 17th September 2013, 3:37pm
Rate this article 

Danau Tolire adalah danau vulkanik yang merupakan tempat kediaman dari berbagai macam ikan yang terletak 10 km dari pusat kota Ternate. Danau Tolire sendiri terbagi menjadi dua, yaitu Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil, dimana jarak antara keduanya hanya sekitar 200 meter.

Terletak di kaki Gunung Gamalama, pemandangan sekitar kawasan Danau Tolire terlihat sangat indah dan memesona karena dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Terlebih lagi danau ini memiliki bentuk yang unik, yang terlihat seperti mangkok yang menjorok ke dalam. Namun, tidak ada seorang pun yang dapat memastikan berapa kedalaman dari danau ini karena masyarakat sekitar tidak ada yang berani untuk menyelaminya. Banyak mitos yang mengatakan sering terlihatnya buaya putih, yang merupakan siluman, dari dalam danau ini.

Selain itu, legenda asal usul terbentuknya danau ini juga sangat menarik untuk disimak. Tempat beradanya Danau Tolire saat ini, menurut legenda, adalah sebuah kampung. Dipercaya bahwa munculnya Danau Tolire Besar, Danau Tolire Kecil, serta siluman buaya putih adalah akibat ulah seorang ayah yang tega menghamili putrinya sendiri. Lantas, setelah warga setempat mengetahui kejadian ini, pasangan ayah dan putrinya tersebut diusir dari kampung. Saat mereka melangkahkan kakinya untuk keluar dari kampung, tempat mereka berpijak seketika terbelah akibat gempa yang terjadi secara tiba-tiba.

Menurut legenda, gempat tersebut timbul sebagai hukuman dari Sang Penguasa kepada ayah dan putrinya, serta seluruh penduduk kampung. Sang ayah kemudian berubah menjadi Danau Tolire Besar, sang putri menjadi Danau Tolire Kecil, dan penduduk kampung berubah menjadi siluman buaya putih yang kerap menjaga Danau Tolire hingga saat ini.

Saat mengunjungi Danau Tolire, banyak obyek wisata lainnya yang sangat menarik dan bisa Anda kunjungi ketika datang ke kawasan Danau Tolire, seperti keindahan panorama puncak Gunung Gamalama, sejumlah benteng peninggalan Portugis, dan tidak lupa makam Sultan Babullah, Sultan Ternate. 

Untuk mengunjungi kawasan Danau Tolire tidaklah sulit, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit dari pusat Kota Ternate dengan menggunakan mobil, atau bahkan Anda dapat mencapai kawasan ini lebih cepat dengan menggunakan sepeda motor. Danau Tolire dapat menjadi opsi tambahan sebagai tempat yang layak dikunjungi ketika Anda datang bertandang ke Ternate.

 

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!