Danau Sentani - Keindahan Alam di Bumi Papua

In Papua
source:moreindonesia.com
source:moreindonesia.com
source:edwinlandscaper.blogspot.com
source:edwinlandscaper.blogspot.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 2nd April 2013, 9:03am
Rate this article 

Danau Sentani merupakan danau terbesar di Provinsi Papua. Sejak pertama kali digelar Festival Danau Sentani tahun 2008, danau ini kian banyak didatangi wisatawan dari mancanegara maupun domestik. Danau Sentani memang menawarkan keindahan alam di bumi Papua yang mengagumkan. Areanya dikelilingi oleh Pegunungan Cagar Alam Cyclops yang hijau dan terdapat 22 pulau cantik di dalamnya.

Kini Danau Sentani telah menjadi primadona wisata baru di Papua. Di sana Anda dapat menyewa sebuah perahu wisata yang akan mengajak Anda mengarungi danau dan menyusuri tiap pulaunya. Ada beberapa pulau kecil yang berlokasi di sekitar danau, di antaranya Pulau Asei, Ajau, Yobeh, Kensio, dan pulau lainnya. Arahkan perahu Anda ke Pulau Asei, karena di sana terkenal akan kerajinan lukisan kulit kayu yang khas.

Penduduk di sana pada umumnya sangat ramah, Anda akan dipersilahkan untuk melihat aktivitas penduduk dari dekat. Melihat proses pembuatan kerajinan lukisan kulit kayu merupakan pengalaman yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Selain itu, Anda pun bisa membeli lukisan lukisan kulit kayu dengan beragam motif yang cantik dan khas.

Deretan rumah panggung dengan kolam ikan di bawahnya merupakan pemandangan umum di tepi danau. Danau ini juga merupakan rumah bagi sekitar 33 jenis ikan. Empat di antaranya merupakan ikan endemik Danau Sentani, yaitu ikan gabus danau sentani (Oxyeleotris heterodon), ikan pelangi sentani (Chilatherina sentaniensis), ikan pelangi merah (Glossolepis incisus) dan hiu gergaji (Pristis microdon)yang sangat langka.

Perjalanan Anda ke Papua tentunya akan terasa lebih lengkap dengan berkunjung ke Danau Sentani. Agar lebih puas, sebaiknya kedatangan Anda dijadwalkan pada saat Festival Danau Sentani berlangsung, yakni pada tanggal 19-23 Juni setiap tahunnya. Dalam festival tersebut akan ditampilkan keragaman budaya Suku Sentani, mulai dari atraksi adat, tarian, musik, dan kuliner.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!