Danau Pagaralam - Danau Merah Yang Penuh Tantangan

In Bengkulu
source:travel.okezone.com
Written by Nena Nikita Posted 10th December 2013, 8:44am
Rate this article 

Memilih Bengkulu sebagai destinasi wisata merupakan pilihan yang tepat. Sebab di sini wisatawan akan berkesempatan untuk menyaksikan sendiri danau yang bisa dikatakan cukup aneh karena warnanya yang tidak lazim, merah. Ya, itulah Danau Pagaralam.

Danau yang biasa dijuluki sebagai danau berdarah ini terletak di Kabupaten Kaur atau tepatnya, di wilayah perbatasan Kota Pagaralam. Tentu tidak mudah untuk bisa mencapai tempat ini. Anda perlu datang dulu ke Kota Pagaralam, bisa dengan kendaraan pribadi atau dengan kendaraan umum seperti angkot atau ojek. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri hutan Rimbacandi, menaiki tebing, dan meneruskan perjalanan melalui perbukitan Raje Mandare. Ditanya soal berapa waktu total yang diperlukan untuk bisa menempuh semuanya, maka jawabannya kurang lebih dua hari dengan berjalan kaki. Ya, tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai tantangan.

Selama perjalanan, bukan hanya pepohonan saja yang akan Anda temui. Di sini, Anda juga akan menemukan jejak sejarah kerajaan Sriwijaya berupa gapura dan candi. Memang perjalanannya penuh perjuangan, tapi kelelahan itu akan terbayar dengan pemandangan indah yang disuguhkan ketika Anda tiba di danau yang memiliki luas sekitar 6 hektar ini. Seluruh airnya berwarna merah, semerah darah. Hawanya cukup sejuk dengan angin yang berhembus ringan menggoyangkan dedaunan pada pepohonan yang tumbuh mengelilingi danau. Di sisi kiri kanannya terdapat banyak pepohonan besar dan semak hijau. Bagi Anda yang gemar fotografi, pemandangan seperti ini tak boleh terlewatkan. Pasalnya, ini merupakan kombinasi warna hijau dan merah yang menyiratkan satu nuansa alam yang unik dan susah ditemukan di tempat lain.

Melihat warnanya yang merah, tak jarang beberapa orang menduga dulunya pembunuhan atau semacamnya pernah terjadi di danau ini. Namun, hal itu tidak benar. Warna merah yang muncul disebabkan kandungan unsur kimia yang ada di dalamnya. Namun mengenai apa saja unsur kimianya, hingga saat ini masih diteliti oleh para arkeolog.

Penasaran dengan airnya yang berwarna merah? Jika Anda sempat datang ke danau ini, cobalah ambil air danau ini dengan tangan. Air yang tertampung pada tangan Anda bisa dipastikan tidak berwarna merah melainkan warna jernih kecokelatan seperti air danau pada umumnya. Itulah keunikan lain yang bisa ditemukan di sini!

Bicara soal fauna yang hidup disini, Anda akan melihat beberapa hewan yang berukuran besar dan tak lazim seperti lipan raksasa, yakni sejenis kelabang dengan panjang mencapai 50 cm dan lebarnya mencapai 30 cm. Ada pula burung yang berukuran cukup besar dan kerbau raksasa yang di tanduknya terdapat sarang lebah.

Jika tertarik untuk mendatangi tempat ini, maka yang harus dipersiapkan adalah fisik dan mental yang kuat. Sebab sebagian besar orang mengatakan rute yang ditempuh tergolong rute yang sulit dan cukup menyita banyak energi. Oleh sebab itu, kunjungan ke Danau Pagaralam hanya disarankan bagi mereka yang sudah biasa mendaki atau menjelajah hutan.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!