Danau Linow - Pesona Danau 3 Warna dari Tomohon

In Sulawesi Utara
source:travellermeds.blogspot.com
source:siskanurifah.wordpress.com
source:backpackology.me
Written by Nena Nikita Posted 22nd August 2014, 11:20am
Rate this article 

Alam Indonesia memang tidak akan pernah ada habisnya jika disebutkan satu persatu. Selama ini Anda mungkin hanya mengetahui Danau Kelimutu sebagai danau 3 warna, nyatanya Indonesia juga memiliki Danau Linow yang juga merupakan danau 3 warna. Danau Linow terletak di Desa Lahedong, Kecamatan Tomohon Selatan, Provinsi Sulawesi Utara. Dari pusat Kota Tomohon, Anda bisa menemukan Danau Linow dengan sangat mudah karena hanya berjarak 3 kilometer.

Selain itu, danau 3 warna ini memang mudah ditemukan karena akses menuju ke sana adalah dengan melewati jalan utama yang mana jalan ini menghubungkan Tomohon dan Kawangkoan di Kabupaten Minahasa. Jika Anda berangkat dari Tomohon ke arah Kawangkoan, Anda bisa menemukan Danau Linow terletak di sisi kiri jalan. Anda bisa memakai kendaraan pribadi atau pun angkutan umum. Jika ingin memakai angkutan umum, Anda bisa menggunakan angkot atau mikro bus menuju Kota Tomohon dan turun di terminal. Lalu Anda bisa mencari angkot yang menuju Danau Linow.

Tiket masuk ke kawasan Danau Linow adalah Rp 25.000, yang mana dengan tiket ini Anda akan mendapatkan satu paket kue khas Manado dan minuman ringan. Danau Linow akan membuat Anda terpesona karena danau yang sudah dikelola secara profesional ini memang sangat bersih dan masih terjaga kealamiannya. Ditambah lagi jumlah yang pengunjung datang masih sedikit. Danau Linow memiliki luas sebesar 34 hektar dan juga dilengkapi dengan lintasan trekking untuk para pejalan kaki. Danau Linow memiliki warna air yang berubah-ubah, hal ini dikarenakan kandungan belerang yang cukup tinggi. Jika dilihat kasat mata, akan tampak warna biru laut , hijau tosca dan cokelat susu.

Perubahan warna juga dipengaruhi oleh sinar matahari yang masuk menembus danau. Kandungan belerang pada danau berasal dari sisi danau yang terhubung dengan sumber air yang mengandung belerang dan mengalir ke dalam danau, selain itu cahaya dan pantulan dari vegetasi di sekitar danau juga ikut mempengaruhi. Menikmati Danau Linow di pagi atau sore hari akan terasa lebih menyenangkan karna cuaca terasa lebih sejuk. Anda juga bisa bermain-main di danau dengan menyewa perahu kayu atau pun kano. Untuk perahu kayu dengan kapasitas empat orang harga sewa perjamnya Rp 50.000 dan Rp 60.000 per jam untuk kano. Jika merasa lapar Anda bisa mencicipi berbagai macam kuliner yang tersedia pada kafe-kafe yang terletak di sisi bukit.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!