Danau Limboto - Menikmati Pesona Danau Terbesar di Gorontalo

In Gorontalo
source:http://www.indonesia-tourism.com
source:http://gorontalotravelwisata.wordpress.com
source:http://www.sudutnusantara.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 24th July 2013, 5:55am
Rate this article 

Limboto, danau terbesar di Provinsi Gorontalo ini tak hanya memesona, tapi juga berperan penting bagi kehidupan masyarakat sekitarnya. Danau Limboto yang memiliki luas 3000 hektar merupakan muara dari lima sungai besar, di antaranya Sungai Bone, Sungai Bolango, Sungai Daenaa, Sungai Alo, dan Sungai Molalahu. Keindahannya memang tak diragukan, cobalah datang pada pagi hari atau menjelang senja, dimana danau kian berkilauan oleh cahaya matahari yang jatuh di permukaan air.

Danau ini merupakan tujuan wisata alternatif Anda di Gorontalo. Di danau ini, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan seperti berperahu dan memancing, serta melihat berbagai flora air tawar di sekitar permukaan danau. Sementara di sore hari, langit di Danau Limboto akan semakin menawan oleh burung-burung yang beterbangan bebas. Jangan lupa juga untuk membawa kamera, karena landscape di danau ini sayang jika dilewatkan.

Selain indah, danau ini memiliki peran penting bagi wilayah sekitarnya karena merupakan daerah resapan air. Namun, saat ini kedalaman air di danau ini semakin surut. Jika surut, danau ini akan dipenuhi lumpur dan flora air tawar seperti eceng gondong, gelagah, dan bunga teratai.

Puas menikmati pemandangan, Anda juga bisa menyambangi para nelayan yang sedang menjual berbagai olahan ikan hasil tangkapan sendiri. Ada ikan nila bakar, gabus, dan mujair, akan lebih pas bila disantap langsung seraya menikmati pemandangan danau di sore hari.

Jika ingin bersampan menyusuri danau, salah satu kampung yang berada di tepian danau, yaitu kampung Kayudurian, masyarakat setempatnya menyediakan jasa untuk mengantarkan Anda berkeliling danau menggunakan perahu sederhana. Untuk soal harga, tergantung lamanya perjalanan dan kesepakatan antara pengunjung dan pendayung, maka pintar-pintarlah Anda untuk bernegosiasi.

Cara menuju Danau Limboto

Danau Limboto terletak di Kecamatan Limboto, Provinsi Gorontalo. Lokasi danau ini dekat dengan Bandara Jalaluddin, jadi tak perlu takut kesulitan mencari lokasi danau. Dari bandara menuju Danau Limboto hanya berjarak sekitar 17 km atau 15 menit berkendara.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!