Danau Kakaban - Danau Air Asin di Derawan

In Kalimantan Timur
source:Kakaban (twicsy.com)
source:purbasariphotography.blogspot.com
source:teronga.com
source:kaskus.co.id
Written by Benedictus Bina Naratama Posted 30th July 2013, 5:01am
Rate this article 

Kekayaan alam Indonesia seolah tidak pernah berhenti membuat orang kagum. Bagaimana tidak? Ternyata Indonesia memiliki danau yang berair asin. Pada umumnya kandungan air yang terdapat di danau merupakan air tawar, namun tidak dengan Danau Kakaban. Danau yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur ini merupakan danau air asin.

Nama Danau Kakaban diambil dari nama pulau tempatnya berada, yaitu Pulau Kakaban. Pulau yang termasuk dalam kepulauan Derawan ini terletak di Laut Sulawesi, di sebelah Utara Semenanjung Sangkuriang, Kabupaten Berau. Pulau Kakaban termasuk dalam pulau yang tak berpenghuni. Oleh karena itu pula yang membuat Danau Kakaban menjadi rumah bagi aneka flora dan fauna yang tergolong langka di dunia.

Jenis-jenis makhluk hidup yang dapat ditemukan di Danau Kakaban pada dasarnya merupakan jenis biota laut, seperti alga laut, anemone laut, ubur-ubur, teripang, kepiting, dan jenis ikan-ikan kecil lainya. Selain itu terdapat pula beragam bunga karang atau sponge penuh warna yang memperkaya ekosistem dari terumbu karang Danau Kakaban.

Semua keindahan tersebut dapat anda rasakan dengan ber-snorkeling di permukaan air danau. Yang menarik dari snorkeling di Danau Kakaban ini adalah Anda akan ditemani oleh ratusan ubur-ubur jinak yang tidak menyengat manusia. Jinaknya ubur-ubur tersebut membuat kegiatan snorkeling tetap aman dan nyaman. Berkat jumlah ubur-uburnya yang ratusan ini pula, Danau Kakaban dikenal juga dengan nama danau ubur-ubur.

Menurut catatan, terdapat empat jenis ubur-ubur yang menghuni Danau Kakaban, yaitu Aurelia Aurita yang memiliki tubuh bening, Tripedia Cystophore yang berukuran mungil sebesar ujug jari tangan manusia, Mastigias Papua yang sebesar kepalan tangan dengan bentuk seperti bola lampu pijar yang berwarna hijau kecoklatan, dan Cassiopeia Ornate yang berenang secara terbalik dengan tentakelnya diatas.

Asal usul air asin Danau Kakaban

Pada mulanya Danau Kakaban merupakan sebuah laguna yang terbentuk dari karang lebih dari dua juta tahun yang lalu. Lalu selama beberapa ribu tahun berikutnya terjadilah proses pengangkatan terumbu karang di sekeliling danau yang naik di atas permukaan air laut. Air laut seluas 5 km2 akhirnya terperangkap di dalam pematang yang memiliki ketinggian 50 meter tersebut. Pematang inilah yang menjadikan area tersebut sebagai danau air laut atau Danau Kakaban yang dikenal sekarang.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!