Danau Gunung Tujuh - Danau Kaldera Tertinggi di Asia Tenggara

In Jambi
source:roni-bae.blogspot.com
source:commons.wikimedia.org
source:commons.wikimedia.org
Written by Riyan Adiyahasya Posted 8th April 2013, 3:03am
Rate this article 

Danau Gunung Tujuh merupakan salah satu pijakan yang untuk menikmati keindahan alam Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), salah satu Taman Nasional terkenal di Indonesia yang sebagian besar wilayahnya berada di Kerinci, Jambi. Danau ini tepatnya berada di Desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi. Karena letaknya di atas gunung, atau sekitar 1.950 meter di atas permukaan laut, danau ini menjadi salah satu danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara.

Danau Gunung Tujuh memiliki keindahan alam yang masih sangat asri. Disebut "Danau Gunung Tujuh" karena di sekelilingnya terdapat tujuh buah gunung, yaitu Gunung Tujuh yang memiliki puncak tertinggi (2.732 m dpl), Gunung Hulu Tebo, Gunung Hulu Sangir, Gunung Lumut, Gunung Mandura Besi, Gunung Selasih, dan Jar Panggang. Banyak para pecinta alam yang datang ke danau ini. Mereka biasanya membangun kemah dan bersantai menikmati suasana alam yang menakjubkan, atau bisa juga menyaksikan matahari terbit dengan parasnya yang elok.

Keberadaan danau ini awalnya terbentuk karena peristiwa meletusnya Gunung Tujuh. Letusan tersebut menyebabkan terbentuknya sebuah kawah besar yang kemudian terisi oleh air hujan sehingga membentuk sebuah danau. Dengan luas sekitar 960 hektar, dan lebar 3 km, Danau Gunung Tujuh mengaliri beberapa sungai di Jambi, salah satunya Sungai Batanghari.

Selain panorama alamnya yang indah, di kawasan ini hidup berbagai jenis flora dan fauna seperti siamang, beruang madu, tapir, bermacam burung dan kupu ? kupu, serta berbagai jenis anggrek alam dan bunga kantong semar yang menjadi primadona di kawasan Danau Gunung Tujuh. Dengan segala keindahan alam yang disimpannya, kawasan Danau Gunung Tujuh menjadi sangat menarik dan istimewa.

Bagaimana cara menuju Danau Gunung Tujuh?

Untuk mencapai lokasi, Anda dapat melakukan perjalanan dari Jambi menuju Kota Sungai Penuh yang membutuhkan waktu sekitar 3,5 jam menggunakan mobil sewaan atau mobil pribadi. Dari Sungai Penuh, perjalanan dilanjutkan menuju Desa Pelompek yang berjarak 50 km atau sekitar 1,5 jam perjalanan. Dari desa tersebut Anda hanya perlu trekking atau berjalan kaki selama 2-3 jam untuk sampai di Danau Gunung Tujuh.

Tips

Karena suhu di kawasan danau tergolong dingin, siapkan beberapa pakaian hangat atau jaket dalam ransel Anda. Selain itu, persiapkan kondisi tubuh Anda sebaik-baiknya sebelum keberangkatan. Jangan lupa membawa obat-obatan yang diperlukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika ingin bermalam, tersedia beberapa homestay yang letaknya tidak jauh dari Desa Pelompek dengan harga yang relatif terjangkau.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!