Danau Aneuk Laot - Sebuah Danau di Ujung Barat Indonesia

In Aceh
source:nusapedia.com
source:piyoh.blogspot.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 10th June 2013, 3:00am
Rate this article 

Kota Sabang memiliki lima buah danau yaitu Danau Aneuk Laot, Danau Paya Senara, Danau Paya Karieng, Danau Paya Peutepen, dan Danau Paya Seumesi. Di antaranya yang terbesar sekaligus menyimpan panorama indah adalah Danau Aneuk Laot. Danau Aneuk Laot dalam bahasa Aceh berarti 'Anak Laut'. Bila dilihat dari kejauhan, danau ini letaknya berdampingan dengan Teluk Sabang. Menikmati keindahan danau serta alam sekitarnya merupakan salah pilihan wisata terbaik di Kota Sabang.

Selain menjadi objek wisata, Danau Aneuk Laot ini memiliki peran penting bagi masyarakat Sabang, karena di danau inilah mereka bisa mendapatkan sumber air tawar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Yang lebih istimewa, sekalipun sedang musim kemarau danau ini tidak pernah surut atau kering. Debit air yang dihasilkannya saja sekitar 50 liter per detik. Tidak heran bila Danau Aneuk Laot menjadi kebanggaan masyarakat Sabang.

Jika dilihat dari kejauhan, danau air tawar akan terlihat lebih kehijauan dibanding birunya laut di teluk yang berdekatan dengan danau. Danau seluas 3,1 kilometer ini juga akan semakin cantik saat malam menjelang. Pemandangan sunset serta kerlap-kerlip lampu di seputaran danau akan begitu mempesona dan mengesankan. Pemandangan di ujung barat Indonesia ini akan menjadi kenangan terindah nan tak terlupakan.

Selain berwisata ke Danau Aneuk Laot, di Kota Sabang juga Anda dapat menelusuri objek wisata sejarah berupa benteng-benteng peninggalan Portugis, Belanda dan Jepang. Bahkan karena banyak benteng tersebut Sabang dikenal dengan sebutan kota seribu benteng yang menghadap ke laut lepas.

Bagaimana cara menuju lokasi danau?

Danau ini terletak di Kecamatan Aneuk Laot, Kota Sabang, Nangroe Aceh Darussalam. Lokasinya pun tidak akan sulit Anda temukan, karena berada tak begitu jauh dari pusat kota dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit berkendara. Jika Anda berasal dari bandara, untuk menuju lokas danau jaraknya tidak terlalu jauh, hanya sekitar 3 km saja. Rute yang harus Anda ambil adalah menuju Jalan Bypass, ikuti jalan tersebut kemudian dilanjutkan ke Jalan Tinjau Alam. Selanjutnya tinggal belok ke kiri dan Anda akan menemukan Danau Aneuk Laot ini.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!