Candi Prambanan - Candi Hindu Eksotik dari Abad ke-9

In Yogyakarta
source:dayswithlooloo.blogspot.com
source:cruisingexcursions.com
source:creepywitch.blogspot.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 26th May 2013, 11:27pm
Rate this article 

Candi Prambanan adalah candi Hindu yang terbesar sekaligus terindah di Indonesia. Letaknya berada persis di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika dari Yogyakarta, jaraknya sekitar 20 kilometer ke arah timur. Candi setinggi 47 meter ini dibangun pada abad ke-9 masehi. Keindahan candi serta arsitekturnya sangat diunggulkan sebagai ikon budaya dan pariwisata Indonesia.

Wilayah candi ini memiliki luas 39,8 ha. Di halaman utama terdapat tiga candi utama yang menghadap ke arah timur, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi tersebut merupakan lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Setiap candi utama memiliki satu candi pendamping yang menghadap ke barat, yaitu Candi Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma, dan Garuda untuk Wishnu. Selain itu, masih terdapat 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Sementara di halaman kedua, terdapat 224 candi Perwara.

Candi Prambanan oleh masyarakat lokal dikenal juga dengan nama Rara Jonggrang. Menurut legenda, berkisah seorang putri cantik yang bernama Rara Jonggrang yang hendak dijodohkan dengan Bandung Bondowoso. Rara Jonggrang yang menolak perjodohan tersebut, akhirnya memberikan dua syarat kepada Bandung Bondowoso, yaitu untuk membuat sebuah sumur yang dinamakan sumur Jalatunda dan membangun 1000 buah candi yang harus diselesaikan dalam satu malam.

Namun karena kesaktian Bandung Bondowoso, ia berhasil menyelesaikan 999 candi dengan bantuan jin. Rara Jonggrang yang tidak mau syaratnya terpenuhi, meminta para wanita di desa untuk memukul padi agar ayam-ayam terbangun dan mulai berkokok. Bandung Bondowoso yang akhirnya mengetahui bahwa semua itu adalah hasil kecurangan dan tipu muslihat Rara Jonggrang, amat murka dan mengutuk Rara Jonggrang menjadi candi ke 1000, candi yang paling megah, yang kini dikenal sebagai Candi Prambanan.

Candi Prambanan sempat tidak diketahui keberadaannya selama ratusan tahun. Candi Prambanan kembali ditemukan oleh seotang warga Belanda bernama CA Lons pada tahun 1733. Candi ini kemudian mengalami beberapa kali pemugaran dan hingga akhirnya dinobatkan sebagai situs warisan dunia tahun 1991 oleh UNESCO.

Denah asli Candi Prambanan berbentuk persegi panjang, terdiri atas halaman luar dan tiga pelataran, yaitu Jaba (pelataran luar), Tengahan (pelataran tengah) dan Njeron (pelataran dalam). Selain itu, Candi Prambanan juga memiliki barang-barang bersejarah, seperti batu Lingga Batara Syiwa sebagai simbol kesuburan.

Berkeliling seraya menikmati keindahan desain dan arsitektur candi merupakan cara terbaik untuk menjelajahi Candi Prambanan. Relief pada setiap sisi candi juga sangat menarik untuk ditelaah dan diikuti. Tak heran bila candi Hindu ini dikatakan yang terindah dan termegah di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!