Candi Pawon - Candi Tempat Menyimpan Senjata Dewa

In Jawa Tengah
source:wikimedia.org
source:wikimedia.org
Written by Riyan Adiyahasya Posted 23rd July 2013, 5:01am
Rate this article 

Candi Pawon merupakan sebuah candi Buddha yang terletak di Desa Brojolan, Kecamatan Borobudur. Candi yang dikenal juga dengan Candi Brajanalan ini memang tak jauh dari Candi Borobudur, letaknya sekitar 2 km ke arah timur laut, dimana di sebelah baratnya terdapat Candi Mendut. Jika ketiganya dihubungkan, candi-candi tersebut berada pada satu garis lurus dan mendasari dugaan bahwa ketiganya memiliki kaitan yang sangat erat.

Asal-usul nama Candi Pawon sendiri masih misterius. Namun jika dilihat dari nama lainnya, yaitu Brajanalan yang berasal dari bahasa Sansekerta, terdiri dari dua kata: Vajra yang artinya halilintar dan Anala yang berarti api. Menurut mitologi India, Dewa Indra memiliki sebuah senjata yang dinamai Vajranala dan disimpan di Candi Pawon.

Bangunan candi yang terdapat di Candi Pawon berukuran lebih kecil dibandingkan yang terdapat di Candi Mendut ataupun Borobudur. Dilihat dari bentukannya, bangunan Candi Pawon merupakan gabungan seni bangungan Hindu Jawa Kuno dan India. Berada di sana, Anda akan melihat beragam hiasan stupa dengan relief kalpataru yang diapit dengan pundi-pundi dan kinara-kinari. Kinari adalah sebentuk mahluk berkepala manusia dan berbadan burung.

Denah dasar candi ini berbentuk persegi empat dengan sebuah batur setinggi 1,5 m. Bagian dindingnya dihiasi berbagai motif seperti bunga dan sulur-suluran. Di bagian utara dan selatan pintu masuk, Anda juga akan melihat relung yang berisi pahatan yang menggambarkan Kuwera (Dewa kekayaan) dalam posisi berdiri. Jika dilihat secara keseluruhan, Candi Pawon memang sedikit berbeda dengan candi Buddha pada umumnya, bentuk candi ini ramping serta lebih menyerupai candi-candi Hindu.

Untuk Anda yang menyukai tempat-tempat yang sarat akan budaya, maka Candi Pawon ini adalah salah satu pilihan terbaik. Mengingat letak candi ini berada tak jauh dari Candi Borobudur dan Candi Mendut yang merupakan ikon wisata di Jawa Tengah. Untuk sampai ke Candi Pawon sangat mudah, akses menuju lokasi sudah mulus dan bisa ditempuh sekira 1 jam perjalanan dari Yogyakarta.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!