Candi Muaro - Kompleks Bersejarah Terbesar di Sumatera

In Jambi
source:englishdepartmentb08.blogspot.com
source:kabar-risman.blogspot.com
source:kabar-risman.blogspot.com
Written by Rendyadi Amnar Posted 4th October 2013, 6:58am
Rate this article 

Salah satu kompleks candi besar yang diperkirakan sebagai Kota Jambi tua, ibukota kerajaan Melayu tua, pada masa lalu dapat Anda kunjungi di Provinsi Jambi! Ya, Situs Purbakala Kompleks Percandian Muaro Jambi, mungkin tak banyak khalayak yang membicarakan salah satu tujuan wisata bersejarah ini karena memang namanya belum setenar kawasan candi lainnya. Namun jika berkunjung ke kawasan ini, Anda akan terbawa dalam kilas balik kejayaan kerajaan Melayu tua.

Kompleks candi ini merupakan sisa peninggalan kebudayaan dari zaman Hindu-Buddha yang paling penting sekaligus menjadi kompleks bersejarah yang memiliki peninggalan terbesar dan paling terawat di Pulau Sumatera. Jika ditilas, diperkirakan bangunan candi-candi yang terdapat pada kompleks ini berasal dari abad ke-4.

Kompleks candi ini berada pada sebuah wilayah seluas 12 km persegi yang membentang lebih dari 7 km di sepanjang tepi Sungai Batang Hari. Terdapat 8 candi besar yang berada di tengah areal yang dikelilingi oleh tembok, dimana 3 dari candi-candi ini telah melalui proses pemugaran sesuai dengan bentuk aslinya. Namun jika dilihat secara keseluruhan, terdapat 110 candi tua yang sebagian besar masih berupa gundukan tanah dan belum diokupasi.

Karena begitu besarnya kompleks candi, Anda dapat menggunakan sepeda yang dapat disewa dengan biaya sekitar Rp. 10.000 untuk mengitari kawasan kompleks yang sangat luas dan mengagumkan ini.

Cara menuju ke sana?

Kompleks candi ini terletak di Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, 40 kilometer dari Kota Jambi, atau 30 kilometer dari Ibu Kota Kabupaten Muaro Jambi. Anda dapat menggunakan kendaraan umum dan menuju ke arah Jembatan Aur Duri.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!