Berwisata dan Menikmati Kuliner di Danau Poso

In Sulawesi Tengah
source:http://www.foto.kolomberita.com
source:http://www.foto.kolomberita.com
Written by Aditya Tri Hutama Posted 19th April 2014, 12:00am
Rate this article 

Danau Poso merupakan salah satu dari sekian banyak danau terbesar di Indonesia. Danau di wilayah Sulawesi Tengah ini menduduki urutan ketiga sebagai danau terbesar di Indonesia. Urutannya meliputi Danau Toba di Sumatera bagian utara, Danau Singkarak di Sumatera bagian selatan dan urutan ketiga adalah Danau Poso. Keindahan dari Danau Poso ini terlihat dari pemandangan sekitar danaunya yang masih asri dan udaranya segar. Danau Poso mempunyai latar belakang perbukitan hijau yang membentang di sekelilingnya, kesan yang hadir dari perbukitan hijau yang ada ini bisa menambah suasana tenang dan enak dipandang.

Pasirnya yang berwarna kuning keemasan menjadi salah satu ciri khasnya, air dari danau ini juga sedikit unik karena ada dua warna dari airnya. Untuk kawasan tepi danau airnya cenderung berwarna hijau, sedangkan untuk kawasan tengah danau cenderung berwarna biru. Banyak masyarakat menganggap mitos bahwasannya perbedaan warna air danau ini dikarenakan penghuni danau ini yakni sebuah naga penjaga Danau Poso. Kegiatan yang bisa Anda lakukan di danau ini diantaranya, berkeliling danau dengan sampan, berenang, memancing, berjalan-jalan santai di pemukiman masyarakat sekitar, hingga jika Anda bosan bisa juga melakukan hiking atau perjalanan mendaki ke hutan dan gunung di kawasan Danau Poso.

Danau yang tidak pernah surut airnya ini menjadi salah satu ikon wisata di Sulawesi Tengah dengan berbagai kegiatan dan acara tahunan yang besar. Diantaranya yang sukses dilakukan setiap tahunnya adalah Festival Danau Poso, festival ini merupakan event budaya masyarakat sekitar dengan menunjukan berbagai aktraksi budaya dan adat istiadat yang ada. Beragam pameran dan sajian kuliner bisa Anda dapatkan di festival Danau Poso ini, Anda bisa menyempatkan hadir di bulan Agustus minggu terakhir. Satu hal juga yang tidak boleh terlewatkan adalah Anda tidak boleh lupa untuk mencoba menyantap masakan khas Danau Poso yakni Ikan Sogili Bakar. Ini merupakan kuliner khas masyarakat sekitar yang hingga kini masih lestari dan banyak peminatnya. Ikan bakar Sogili sangat lezat karena bumbu yang digunakan adalah bumbu khas Sulawesi Tengah yaitu bumbu rica-rica/dabu-dabu. Merugi sekali jika Anda singgah di Danau Poso tidak menyantap kuliner istimewa ini!

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!