Berwisata Dengan Flora Dan Fauna DI Hutan Mangrove Gili Sulat Lombok

In Nusa Tenggara Barat
source:wisata.kompasiana.com
source:wisata.kompasiana.com
source:wisata.kompasiana.com
Written by Aditya Tri Hutama Posted 19th August 2014, 7:00pm
Rate this article 

Pulau Lombok di Provinsi Nusa Tenggara Barat memang menyimpan banyak gugusan pulau-pulau kecil atau yang biasa disebut dengan Gili. Salah satu dari sekian banyak dari gugusan pulau tersebut ada satu gili bernama Gili Sulat yang sebagian daratannya adalah hutan mangrove. Gili Sulat masuk di daerah wilayah Lombok Timur tepatnya di Dusun Transad daerah Desa Labuhan Sambelia. Untuk mencapai Pulau Gili Sulat ini Anda harus sedikit bersusah payah untuk sampai ke pulau ini, dibutuhkan waktu 1 jam untuk menyebrang ke Gili Sulat menggunakan kapal motor.

Menurut pengelola dari Gili Sulat ini diberitahukan bahwa Pulau Gili Sulat ini adalah salah satu pulau yang istimewa, dikatakan istimewa karena Gili Sulat masuk dan terlewati Garis Wallace. Tidak semua pulau di Indonesia bisa tepat terlewati Garis Wallace ini. Keunikan lain yang menjadikan hutan bakau ini istimewa adalah karena keberagaman flora dan fauna yang mendiami hutan bakau ini.

Beberapa hewan endemik khas Indonesia yang jarang ditemui di tempat lain berkembangbiak disini, salah satunya adalah Burung Maleo (Macrocephalon Maleo). Burung yang terkenal mendunia dengan telurnya yang sangat besar. Dengan hanya memiliki panjang sekitar 5,2 Km saja, Gili Sulat menampilkan ekosistem istimewa dan lengkap. Selain flora dan faunanya, ekosistem Hutan Bakau Gili Sulat ini juga mendapat predikat sebagai hutan bakau dengan spesies terlengkap se Asia Tenggara.Sungguh predikat yang luar biasa untuk sebuah pulau kecil yang masih belum terjamah keasriannya.

Kegiatan yang bisa Anda lakukan disini adalah dengan menikmati segala hal yang tersaji di hutan mangrove ini. Mulai dari menyusuri perairan diantara hutan-hutan bakau dengan perahu kano atau mau bersnorkeling di perairan dangkalnya. Jika tidak menyukai kegiatan di atas air, Anda bisa berjalan-jalan menyusuri daratan dari Gili ini. Tak perlu khawatir tersesat karena perjalanan Anda akan bermuara di ujung gili itu sendiri.

Yang perlu Anda khawatirkan ketika melakukan penyusuran adalah keamanan diri Anda dari hewan-hewan yang hidup disana seperti ular hijau yang sering muncul di tengah hutan. Untuk keamanan bersama, ikutilah pemandu yang ada disana. Anda akan dipandu ke tempat-tempat pilihan yang ada di Gili Sulat dan prosedur keamanan apa yang harus diperhatikan.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!