Bersahabat Dengan Alam Di Desa Kanekes

In Banten
source:intisari-online.com
source:michaelksk94.blogspot.com
Written by Aditya Tri Hutama Posted 5th November 2014, 12:15pm
Rate this article 

Pernahkah Anda merasakan keadaan dimana lingkungan sekitar Anda tidak teratur dan banyak polusi, mungkin setiap saat Anda merasakannya. Tapi pernahkah Anda membayangkan bahwa di suatu desa di Indonesia ini ada satu tempat yang damai, teratur dan tidak ada polusi sama sekali. Pada kesempatan ini penulis akan membawa pembaca sekalian untuk mengunjungi sebuah desa di daerah Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak. Desa tenteram ini terkenal dengan sebutan Desa Kanekes. Desa yang didiami oleh suku asli Desa Kanekes yakni Suku Baduy. Kawasan desa yang dijaga Suku Baduy ini sangat terkenal hingga ke seantero Indonesia karena kehidupan bersahatnya dengan alam dan menolak arus modernisasi masuk ke desa tersebut.

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan Suku Baduy, suku asli Indonesia yang dulunya pertama kali ditemukan oleh seorang peneliti Belanda yang menyamakan gerombolan orang-orang ini dengan nama Baduy atau Badawi atau Bedoin Arab. Ini berkonotasi bahwa orang-orang Kanekes dahulu kala adalah komunitas yang sering berpindah-pindah tempat tinggal sampai pada akhirnya menetap di Desa Kanekes. Sebenarnya komunitas orang-orang ini bernama Orang-orang Kanekes, berhubung orang awam lebih mengenal dengan istilah Baduy maka banyak orang mengganti nama kumpulan orang-orang Kanekes tersebut.Suku Baduy terdiri dari dua golongan yakni Baduy dalam dan Baduy luar. Keduanya saling melengkapi, dimana di Desa Kanekes ini terdapat 53 kampung Baduy.

Suasana yang ada di Desa Kanekes ini sangatlah damai, dan sangat sejuk sekali. Masih terasa sayup-sayup daun dan gemercik air yang terdengar lirih menjaga kedamaian desa ini. Kicauan burung terdengar bersahut-sahutan seolah ingin berinteraksi dengan pengunjung yang datang ke Desa Adat Baduy ini. Dengan pedoman hidup menjaga alam dan mencoba bersahabat menjadikan lingkungan disekitar desa sangat asri, jauh berbeda dengan kehidupan perkotaan yang terasa sesak dan banyak polusi dimana-mana. Kearifan lokal inilah yang menjadikan keistimewaan Suku Baduy yang masih menerapkan tata cara hidup tradisional jama dulu.

Selain pedoman hidup bersahabat dengan alam di Desa Kanekes ini juga tidak terjamah dengan arus modernisasi, baik itu listrik maupun sinyal handphone. Jadi ketika Anda berkunjung ke desa ini lupakanlah listrik dan smartphone yang Anda miliki. Di desa ini, pengunjung akan diajarkan kearifan masyarakat jaman dulu yang tidak tergantung dengan bantuan listrik atau peralatan modern lainnya. Dan terbukti selama ratusan tahun masyarakat Baduy dapat hidup dengan layak tanpa dibantu dengan hal-hal yang berbau modern sekalipun.

Setelah Anda berjalan-jalan di Kampung Baduy Luar saatnya Anda masuk ke Kampung Baduy Dalam, disini Anda akan melihat keunikan rumah adat yang berjajar-jajar dan tertata rapi di samping-samping pedesaan. Rumah-rumah di perkampungan ini semua bahannya dai bahan dasar bambu yang ramah lingkungan.
Penasaran dengan apa yang penulis ceritakan, datanglah dan rasakan kedamaian yang tersaji di Desa Kanekes ini.






Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!