Berpetualang di Taman Nasional Lorentz Papua

In Papua
Written by Aditya Tri Hutama Posted 8th December 2013, 12:00am
Rate this article 

Taman Nasional Lorentz merupakan taman nasional terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, dimana luas area taman nasional ini sendiri kira-kira dua kali luas Taman Nasional Gunung Leuser. Taman Nasional Lorentz sendiri masuk empat wilayah kabupaten di Papua yaitu Merauke, Jayawijaya, Paniai, dan Fak-Fak. Taman Nasional ini menjadi barometer ekosistem untuk keanekaragaman hayati baik flora dan fauna di kawasan Asia Tenggara dan Pasifik. Kealamian dan masih asrinya kawasan taman nasional ini, menghantarkan Taman Nasional Lorentz dinobatkan menjadi taman nasional warisan dunia dari PBB.

Taman Nasional Lorentz mempunyai karakteristik berbukit terjal dan tinggi. Ketinggian dari tempat ini sendiri rata-rata adalah 2000 sampai 6000 meter dpl, dan untuk daerah paling tinggi dari taman nasional ini adalah Puncak Jaya yang terkenal dengan sebutan salju abadi. Menarik untuk ditelisik bahwasannya Taman Nasional Lorentz merupakan satu-satunya taman nasional yang mempunyai fenomena gletser di kawasan tropis seperti di Indonesia. Keunikan ini menjadikan Taman Nasional Lorentz berbeda dengan taman nasional yang ada di belahan dunia manapun.

Bukan hanya keanekaragaman hayati saja yang memiliki keunikan di taman nasional ini, vegetasi yang ada di dalam taman ini juga sangat berbeda dan banyak. Dengan jumlah vegetasi yang beragam tersebut, menandakan bahwa ekosistem yang ada sangat mendukung untuk tempat hidup flora dan fauna. Satwa endemik pun juga banyak berada di taman nasional ini.

Mungkin Anda masih bertanya-tanya, petualangan apa atau wisata apa saja yang bisa saya dapatkan di taman nasional ini. Jawabannya pastilah banyak, Anda bisa memuaskan mata dan pikiran dengan berbagai wisata alam seperti menyusuri hutan hujan tropis yang membentang, melakukan pendakian gunung, berjalan menyusuri padang rumput hijau yang membentang, melakukan mini ekspedisi menyusuri sungai-sungai hingga nantinya akan terhenti melihat keindahan air terjun yang ada di balik perbukitan Taman Nasional Lorentz. Jika Anda masih belum puas dengan wisata penyusuran dan petualangan memasuki hutan, Anda bisa melakukan kegiatan lain di tepi danau untuk sekedar bersantai.

Tidak hanya wisata alam saja yang bisa Anda dapatkan di taman nasional ini, Anda juga dapat melakukan wisata edukasi dengan mengemas wisata tersebut dengan pembelajaran dan penelitian. Anda bisa melihat satwa-satwa endemik Taman Nasional Lorentz seperti burung kasuari, burung cendrawasih khas Lorentz dengan ekor panjangnya, babi dengan mulutnya yang moncong panjang atau bahkan burung puyuh salju yang jarang kita temui.

Jika Anda tertarik berwisata di taman nasional ini, tidak perlu berpikir panjang lagi. Bergegaslah mengunjungi taman nasional terbesar di Asia Tenggara ini, dan rasakanlah sensasi wisata alam yang tidak ada duanya.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!