Berkunjung Ke Gugusan Karst Terindah Kedua Di Dunia

In Sulawesi Selatan
source:pejalankota.com
source:dampangsalenrang.blogspot.com
source:dampangsalenrang.blogspot.com
Written by Aditya Tri Hutama Posted 23rd March 2015, 1:23pm
Rate this article 

Salenrang Maros memang terkenal dengan wisata dengan gugusan karstnya, dikatakan oleh beberapa peneliti dan para wisatawan yang datang ke Maros bahwa gugusan karst ini terbaik kedua di dunia saat ini. Gugusan batuan kapur ini terbentang jauh memanjang dari Kabupaten Maros hingga Pangkep. Kira-kira kalau di total panjangnya adalah sekitar 4500 Ha. Dikatakan beberapa pengamat dan peneliti, gugusan karts ini adalah terbesar kedua setelah gugusan serupa yang ada di Cina.

Di tempat ini Anda akan dibuat berdecak kagum melihat tebing-tebing nan tinggi menjulang ke angkasa yang berjajar-jajar di daerah Maros. Pemandangan aneh dan luar biasa ini sangat langka di Indonesia dan dunia,oleh karenanyalah banyak sekali wisatawan yang rela berkunjung ke tempat ini untuk hanya melihat karya alam yang luar biasa ini. Pembaca sekalian perlu ketahui juga bahwa batu karst ini akan terus tumbuh menjulang tinggi karena di dalam batuan ini ada micro organisme yang disebut polib yang terus berkoloni membentuk batuan-batuan baru. Menurut Undang-Undang yang berlaku, batuan karts ini tidak boleh dieksploitasi oleh siapapun karena sifatnya yang langka.

Senada dengan Undang-undang yang mengatur bahwa batuan karts ini tidak boleh dieksploitasi, badan PBB yang menangani benda dan situs purbakala menyematkan penghargaan Word Heritage untuk gugusan karts di Maros ini. Dan dengan penghargaan inilah tidak ada satu orang atau badan usaha apapun yang boleh mengeksploitasi gugusan batuan ini. Gugusan tebing yang biasa dikenal oleh masyarakat Maros dengan sebutan Tower Karst ini menjadi pusat perhatian dunia baik wisatawan maupun para peneliti dunia. Ketika Anda masuk ke tempat ini, Anda akan dibawa ke zaman purbakala yang sangat lampau sekali. Bisa jadi Anda merasakan jaman batu yang dulunya pernah dilalui oleh manusia purba.

Untuk Anda yang ingin berwisata ke gugusan karts ini Anda bisa menyewa sebuah perahu dengan kisaran Rp.100.000- Rp.150.000/perahu. Dengan perahu tradisional ini Anda akan dibawa menyusuri sungai diantara tebing-tebing menjulang Tower Karts. Anda akan dibawa menyusuri semua sisi gugusan karts ini selama 30 menit, dan jangan dikira dengan durasi yang pendek tersebut Anda akan merasakan sensasi yang luar biasa ketika berada di antara tebing-tebing batuan lampau ini. Sejauh mata memandang masih ditambah dengan pemandangan nan apik dari bumi persawahan yang ada di wilayah ini. Bulan berkunjung yang bagus adalah pada bulan September hingga agustus, karena pada bulan ini padi di sawah masih berwarna hijau. Anda akan dibuat takjub dengan panorama yang terlukis di wilayah ini.

Penasaran dengan istimewanya gugusan karts di Maros ini, coba Anda cari-cari dahulu bagaimana indah dan istimewanya gugusan karts Maros ini. Jika sudah tahu, bergegaslah menuju lokasi untuk mengabadikan setiap moment yang tak terlupakan itu.
 


Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!