Benteng Otanaha - Bangunan Bersejarah di Gorontalo

In Gorontalo
source:http://www.pariwisatagorontalo.com
source:http://milasite.wordpress.com
source:http://www.hpgrumpe.de
Written by Riyan Adiyahasya Posted 18th April 2013, 4:51am
Rate this article 

Berkunjung ke Provinsi Gorontalo, salah satu tempat menarik yang bisa Anda kunjungi adalah Benteng Otanaha. Benteng tersebut terletak di atas bukit Desa Dempe, dibangun pada tahun 1522 dan menghadap ke Danau Limboto. Keindahan dan panorama yang disajikan di benteng ini sayang bila Anda lewatkan.

Dulunya benteng ini merupakan tempat perlindungan dan pertahanan raja-raja Gorontalo saat melawan kolonial Portugis. Lokasinya memang sangat strategis sebagai benteng pertahanan dan menara pengintai saat jaman perang. Selain itu, struktur Benteng Otanaha terbilang unik karena memiliki 4 buah tempat persinggahan dan 348 buah anak tangga untuk menuju ke lokasi benteng.

Benten Otanaha memiliki ketinggian sekitar 7 meter dan diameter 20 meter. Hingga saat ini dinding-dinding benteng masih terlihat kokoh. Yang uniknya, jika biasanya sebuah bangunan menggunakan semen sebagai bahan perekat, Benteng Otanaha hanya menggunakan telur burung maleo untuk merekatkan batu dan pasir.

Karena letaknya yang berada di puncak bukit, sepanjang mata memandang akan terlihat jelas panorama Kota Gorontalo dan Danau Limboto yang mengagumkan. Di sekitar Benteng Otanaha terdapat pula dua buah benteng, yaitu benteng Otahiya dan Ulupahu, yang saling terhubung dengan jalan setapak menuju tiap-tiap benteng. Namun sangat disayangkan, pemeliharaan Benteng Otanaha masih kurang, banyak coretan-coretan liar di dinding yang merusak pemandangan.

Untuk sampai ke benteng ini juga mudah, wisatawan dapat melakukan perjalanan yang memakan waktu sekitar 30 menit dari pusat Kota ke arah Danau Limboto. Untuk mencapai bukit Anda dapat menaiki anak tangga atau mengggunakan kendaraan pribadi dan parkir persis di depan benteng. Wisatawan akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000 dan sudah bisa menikmati suasana benteng tua yang sarat akan nilai historis ini.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!