Benteng Marlborough - Keindahan Benteng Berumur 3 Abad

In Bengkulu
source:www.alesha.asia
source:hartiitusulita.blogspot.com
source:zamrud-khatulistiwa.or.id
Written by Riyan Adiyahasya Posted 12th April 2013, 3:22am
Rate this article 

Benteng Marlborough merupakan salah satu obyek wisata sejarah andalan yang berada di Provinsi Bengkulu. Benteng ini dulunya merupakan pusat pemerintahan kolonial Inggris yang menguasai Provinsi Bengkulu selama lebih kurang 140 tahun, terhitung mulai dari tahun 1685 dan berakhir pada tahun 1825. Di sini ini Anda akan menemukan banyak sejarah menarik dari sisa-sisa kejayaan Inggris di masa lalu.

Dalam usianya yang sudah mencapai tiga abad, berbagai catatan sejarah pernah terjadi di Benteng Marlborough, seperti tentang kehidupan bangsa Inggris di Bengkulu saat itu, kisah perniagaan rempah-rempah, serta peperangan. Selain itu, dulu benteng ini juga berperan sebagai markas pertahanan militer sekaligus menjadi kantor pusat perdagangan dan pemerintahan Inggris.

Obyek Wisata sejarah dan seni budaya ini berlokasi di Pusat Kota Bengkulu, terletak di sebuah bukit kecil yang menghadap ke Samudera Hindia. Hingga saat ini, Benteng Marlborough masih sangat terlihat kokoh dan berkharisma. Di lantai atas benteng terdapat beberapa meriam tua yang banyak menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara.

Benteng Marlborough juga merupakan benteng terbesar yang pernah dibangun oleh Inggris semasa kolonialismenya di Indonesia. Secara keseluruhan, benteng yang bangunannya berbentuk persegi ini berdiri di atas tanah seluas 44.100 meter persegi dan menghadap ke laut. Selain nilai sejarahnya yang tinggi, benteng ini memiliki kharisma dan keindahan tersendiri yang membuat tempat ini ramai dikunjungi.

Bagaimana cara menuju ke Benteng Marlborough?

Dari Bandar Udara Fatmawati Bengkulu, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau taksi menuju lokasi obyek wisata ini dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam. Namun jika menggunakan transportasi umum, dari Terminal Bus Bengkulu Anda dapat menggunakan bus kota jurusan Alun-alun Kota Bengkulu dan turun tepat di depan Benteng Marlborough.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!