Benteng Belgica Benteng Bersejarah Peninggalan VOC

In Maluku
source:tonyfernandez.com
source:googleapis.com2
source:googleapis.com2
Written by Riyan Adiyahasya Posted 5th January 2013, 2:03pm
Rate this article 

Berkunjung ke Maluku tak lengkap rasanya jika tanpa melihat bangunan-bangunan bersejarahnya. Salah satu bangunan bersejarah yang terdapat di Maluku ialah Benteng Belgica. Benteng ini merupakan benteng peninggalan VOC pada abad ke-17 dan terletak di perbukitan Tabaleku, Banda Naira, Provinsi Maluku. Bangunannya berbentuk persegi lima, mirip seperti Gedung Pentagon di Amerika Serikat, bahkan dijuluki sebagai The Indonesian Pentagon.

Benteng Belgica pada awalnya didirikan oleh Bangsa Portugis pada abad ke-16. Kemudian benteng ini direbut dan dibangun kembali oleh VOC atas perintah Gubernur Jenderal Pieter Both pada tanggal 4 September 1611. Benteng ini menjadi markas militer Belanda hingga tahun 1860. Dibangun dengan tujuan untuk menghadapi perlawanan masyarakat Banda yang menentang monopoli perdagangan pala ketika itu.

Saat ini kondisi benteng masih terlihat kokoh. Panorama di sekitar benteng pun sangat mengesankan dengan latar belakang Gunung Api yang menjulang tinggi. Berjalan-jalan di kawasan benteng sambil melihat suasana di masa kolonial tempo dulu merupakan keasikan tersendiri. Luas benteng ini ialah 3.600 meter persegi. Dikelilingi tembok sepanjang 385 meter dengan tebal 70 cm,  dan terdapat 23 ruangan dengan ukuran yang berbeda sesuai peruntukannya.

Bangunan berlantai dua ini memiliki dua jendela pengintai dengan 10 meriam yang ditempatkan pada posisi strategis. Namun saat ini meriam tersebut hanya tersisa tujuh buah saja. Benteng ini juga memiliki sebuah terowongan sejauh 200 meter yang berada di bagian tengah bangunan benteng dan didirikan oleh Admiral Verhouven pada 1609.

Bangunan yang juga dijuluki “Mahkota Berpucuk Lima” ini, kini menjadi tujuan wisata favorit di Maluku, terutama untuk turis asing. Dari benteng ini Anda dapat menikmati pesona Kepulauan Banda dengan lautnya yang membiru dan suasana bangunan bersejarah yang sudah berdiri sejak abad ke-17.

 

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!