Ayo Mengenal Lebih Dekat Gunung Gede Pangrango

In Jawa Barat
source:burung-nusantara.org
source:burung-nusantara.org
source:alphinismo-alphinismo.blogspot.com
Written by Sekar Ayu Melati Posted 25th July 2013, 5:40am
Rate this article 

Bagi Anda penggemar olahraga mountaineering atau naik gunung, tentunya sudah familiar dengan Gunung Gede Pangrango. Gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat ini merupakan salah satu gunung yang paling sering didaki di Indonesia. Namun, mereka yang belum kenal dekat dengan gunung ini mungkin bertanya-tanya, apa sih, yang menarik dari Gunung Gede Pangrango?

Kurang lebih 50.000 pendaki per tahun bersilaturahmi dengan Gunung Gede Pangrango. Ya, gunung yang berpredikat sebagai Taman Nasional sejak tahun 1980 ini merupakan salah satu objek wisata paling diminati. Untuk mengontrol jumlah pengunjung yang mencapai ribuan orang itu, maka diberlakukanlah sistem booking. Pendaftaran hanya dapat dilakukan di Wisma Cinta Alam Kantor Balai Taman Nasional pada hari kerja dan terbatas pada jam kantor. Adapun jalur untuk mencapai gunung Gede Pangrango dapat melalui Cibodas, Gunung Putri, atau Selabintana.

Selain memuaskan batin para pendaki yang ingin menikmati alam, Taman Nasional ini juga berfungsi untuk menyerap air hujan pada lokasi sekitar gunung yang memang memiliki curah hujan yang cukup tinggi.

Gunung Gede Pangrango juga merupakan sarang bagi ratusan jenis burung. Selain itu, sempat ada badak jawa, banteng, rusa jawa, dan macan tutul panthera pardus. Sayang, sebagian dari fauna tersebut sudah tidak bisa kita temukan lagi.

Keistimewaan Surya Kencana

Sebelum sampai di puncak Gunung Gede Pangrango, ada sebuah camping site yang juga menjadi salah satu daya tarik pendakian. Berlatar belakang Gunung Gumuruh, Surya Kencana yang lebih sering disebut Surken ini memiliki mata air yang jernih dan padang bunga edelweiss, atau bunga abadi, yang menambah pesona keindahan sekitarnya. Keindahan hamparan luas yang biasa diselimuti oleh kabut ini akan membuat Anda seakan berada di sebuah negeri di atas awan. Namun Anda perlu mengingat bahwa pendaki dilarang memetik bunga-bunga edelweiss tersebut

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!