Air Terjun Tirta Rimba - Air Terjun yang Disulap seperti Kolam Renang

In Sulawesi Tenggara
source:http://www.ndahsaja.com
source:http://farida-hartati.blogspot.com
Written by Rendyadi Amnar Posted 24th February 2014, 4:22am
Rate this article 

Indonesia memang dianugerahi keelokan alam yang tersebar di seluruh pulau-pulaunya. Salah satu kawasan wisata alam yang cocok bagi Anda sekeluarga adalah Air Terjun Tirta Rimba yang terletak di Kelurahan Lakologou, Kecamatan Wolio, Bau-Bau, Pulau Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara. Masyarakat Bau-bau menyebut air terjun ini dengan nama Air Terjun Jatuh. Air terjun yang menjadi bagian aliran dari Sungai Kokalukuna ini mempunyai ketinggian sekitar 6 meter dengan lebar sungai kira-kira 5 meter. Air mengalir dari atas melalui batu-batu besar menuju kolam yang sengaja dibentuk serta dilengkapi dengan papan tempat luncur layaknya kolam renang.

Air terjun ini memiliki air yang sangat jernih karena memang tempat ini masuk ke dalam kawasan konservasi yang berada di bawah pengawasan Kementerian Kehutanan. Sehari-harinya, lokasi ini menjadi salah satu lokasi favorit bagi masyarakat sekitar. Mengingat banyaknya masyarakat sekitar yang sering mengunjungi kawasan ini, maka pada masa liburan tempat ini akan semakin ramai ditambah dengan kedatangan para wisatawan.

Mengunjungi air terjun yang hanya berjarak sekitar 4 km dari Kota Bau-bau ini juga sangat murah. Ya, pengunjung hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp. 2.000 perorang. Bahkan, jika tidak sedang musim liburan, pengunjung akan dibebaskan dari biaya masuk! Mengingat masih asrinya kawasan ini, para pengunjung dituntut untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam sekitar air terjun.

Satu hal yang perlu diingat, sebaiknya Anda membawa perbekalan sendiri ketika datang berkunjung ke kawasan air terjun ini mengingat tidak tersedianya tempat makanan di kawasan ini. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit dari Kota Bau-bau, sangat praktis bukan?

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!