Air Terjun Riam Hanai - Wisata Alam yang Dibalut dengan Kebudayaan

In Kalimantan Selatan
source:http://sketsahss212.blogspot.com
source:http://sketsahss212.blogspot.com
Written by Rendyadi Amnar Posted 21st February 2014, 6:26am
Rate this article 

Apakah Anda menyukai wisata yang dibalut dengan kebudayaan asli masyarakat sekitarnya? Jika ya, Air Terjun Riam Hanai di Provinsi Kalimantan Selatan merupakan salah satu kawasan yang wajib Anda kunjungi! Air terjun ini tepatnya berada di Desa Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Wisata air terjun ini terletak di kawasan Balai Adat Malaris. Air terjun ini merupakan air terjun yang sangat deras dengan ketinggian sekitar 4 meter. Selain itu, Air Terjun Riam Hanai merupakan air terjun yang memiliki palung yang tergolong dalam hingga sangat diminati oleh para wisatawan, terutama untuk melakukan aktivitas terjun bebas.

Banyak aktivitas lain yang dapat dilakukan di kawasan air terjun ini. Salah satunya adalah rafting ala Loksado, yakni bamboo rafting. Bamboo rafting, atau dalam bahasa Loksado dikenal dengan nama "Balanting paring", merupakan petualangan menyusuri sungai dengan menggunakan rakit bambu. Aktivitas wisata balanting paring bermula dari tradisi petani bambu di Loksado. Para petani ini memiliki kebiasaan menjual bambu ke Kota Kandangan dengan cara mengikat bambu-bambu tersebut dalam bentuk rakit untuk kemudian dihanyutkan di Sungai Amandit. Dalam satu rakitnya, 50 hingga 70 bambu bisa disusun secara rapih.

Dahulu, daerah Loksado cukup jarang dikunjungi oleh wisatawan karena aksesnya yang belum memadai. Namun pertumbuhan fasilitas saat ini, seperti penginapan, tempat makan dan lainnya, sangat mendukung kemajuan pariwisata di daerah Loksado hingga banyak mengundang minat para wisatawan.

Setiap bulan desember bertepatan dengan peringatan hari jadi Kabupaten Hulu Sungai Selatan, festival lanting pun digelar. Biasanya festival ini menjadi salah satu agenda yang menarik banyak kedatangan wisatawan. Dalam festival ini, lebih dari 50 lanting hias akan berarak dari Loksado sampai ke Kandangan sambil diiringi dengan lagu tradisional. Tentunya tradisi unik balanting paring di kawasan ini menjadi salah satu lomba yang diselenggarakan juga pada peringatan hari jadi daerah ini.

Mengunjungi kawasan air terjun sambil menikmati tradisi unik masyarakat sekitar tak sering Anda jumpai di kawasan wisata lainnya. Maka tak ada salahnya jika Anda mencoba untuk mengunjungi Air Terjun Riam Hanai bersama keluarga ataupun kerabat.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!