Air Terjun Moramo - Tempatnya Para Bidadari Mandi

In Sulawesi Tenggara
source:http://megasenja.wordpress.com
source:http://www.ugo.cn
source:http://rutac1.blogspot.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 6th March 2013, 12:00am
Rate this article 

Inilah salah satu air terjun terindah di Indonesia yang berada di Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa, Sulawesi Tenggara. Air Terjun Moramo dengan panoramanya yang luar biasa, memiliki ketinggian 100 meter dan memiliki 7 undakan indah yang menambah pesona air terjun ini.

Air Terjun Moramo tepatnya berada di Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara. Tempat ini memiliki panorama alam yang hijau dengan kicauan burung saling bersahutan serta berbagai satwa endemik Sulawesi seperti monyet hitam dan anoa. Sebuah kreasi alam spektakuler yang terbentuk secara alami selama ribuan tahun.

Air terjun ini merupakan air terjun bertingkat (cascade) dimana air meluncur deras pada susunan batu granit besar dengan ketinggian berkisar antara 0,5 hingga 3 meter. Terdapat 7 buah undakan utama dan 60 undakan kecil yang beberapa diantaranya berupa kolam kecil yang dapat dimanfaatkan untuk pemandian ataupun tempat berenang oleh pengunjung.

Untuk mencapai setiap undakannya, pengunjung dapat mendaki tebing-tebing marmer (onyx) yang berwarna hijau di setiap sisinya. Tebing-tebing marmer tersebut tidaklah licin, sebab airnya mengandung sulfur dan alkali yang menyebabkan lumut sulit untuk tumbuh di sana.

Tak hanya keindahannya, ternyata Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa yang menjadi lokasi Air Terjun Moramo ini memiliki kandungan marmer (onyx) terbesar di dunia. Diperkirakan ada 860 miliar meter kubik marmer tersimpan di sini dan menjadi sumber cadangan marmer terbesar di Indonesia.

Orang Konawe yang menjadi warga setempat pun percaya bahwa bidadari turun dari langit untuk mandi di Air Terjun Moramo. Nuansa asri dengan suara gemercik air yang halus serta pemandangan pohon-pohon besar yang hijau nan menyejukan akan Anda rasakan di sana. Melalui jalan setapak yang menghabiskan waktu sekitar 20 menit dari pintu masuk menuju kawasan air terjun Moramo rasanya akan terbayar sesampainya Anda di sana.

Bagaimana Cara Menuju ke Moramo?

Untuk tiba di Air Terjun Moramo, perjalanan dapat ditempuh dari Kota Kendari menuju pintu masuk Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa sejauh 65 Km. Anda dapat menyewa kendaraan dari Bandara Wolter Monginsidi di Kabupaten Konawe yang berkisar Rp 350 ribu. Sesampainya di pintu masuk, Anda dapat melanjutkannya dengan berjalan kaki sejauh 2 km menuju lokasi air terjun.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!