Air Terjun Gunung Rian - Eksotika Alam di Tana Tidung

In Kalimantan Utara
source:http://www.imanrabinata.blogspot.com
source:http://www.imanrabinata.blogspot.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 11th May 2013, 3:40am
Rate this article 

Provinsi Kalimantan Utara adalah provinsi yang pada tahun 2012 lalu baru ditetapkan sebagai provinsi ke-34 Indonesia. Provinsi tersebut merupakan hasil pemekaran dari Kalimantan Timur. Membawahi lima kabupaten kota, yakni Kota Tarakan, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Tana Tidung dan Kabupaten Bulungan. Sebagai provinsi baru, aspek pariwisata merupakan bagian penting. Karena memiliki kekayaan alam yang luar biasa, sayang bila dilewatkan.

Panorama serta kondisi alam yang masih alami lengkap dengan masyarakat yang ramah merupakan hal yang bisa Anda nikmati di Kalimantan Utara. Salah satu objek wisata alam yang terkenal salah satunya adalah Gunung Rian di Kabupaten Tana Tidung, tepatnya berada di Desa Rian, Kecamatan Sasayap. Di sana terdapat air terjun dengan suguhan alam yang elok, air jernih mengalir memberikan nuansa kesegaran yang luar biasa.

Bagi para penggemar wisata alam dengan trek yang menantang, Air Terjun Rian adalah salah satu wisata pilihan. Namun tak usah khawatir, untuk sampai ke lokasi sudah tersedia jalan masuk meski belum beraspal tapi cukup efektif untuk mempermudah perjalanan kaki Anda. Selain itu, di sekeliling air terjun merupakan hutan tropis dengan vegetasi yang beragam. Salah satu jenis tanaman yang mudah ditemukan adalah pohon ulin atau Eusideroxylon zwageri, dimana tanaman tersebut adalah vegetasi yang berkualitas tinggi dan berharga tinggi pula.

Air Terjun Rian ini tingginya sekitar 90 meter sampai ke puncaknya. Berupa tebing curam dengan tujuh buah umpakan yang dilalui air gunung. Dari tujuh buah umpakan tersebut, kebanyakan dari pengunjung hanya bisa mengunjungi sampai tingkat ke dua saja. Karena dibutuhkan tenaga ekstra untuk bisa mencapai ke tingkat yang lebih tinggi. Di tingkat ke dua ini biasanya oleh pengunjung dijadikan lokasi untuk berkumpul dan juga biasa dijadikan tempat berkemah.

Cara menuju lokasi

Objek wisata alam Gunung Rian ini sebenarnya berada diantara dua daerah kabupaten, yakni Kabupaten Tana Tidung (KTT) dan Kabupaten Malinau. Perjalanan menuju lokasi wisata bisa dibilang cukup mudah, dari Tarakan Anda bisa menaiki speedboat dan singgah di pelabuhan Kabupaten Tana Tidung. Setelahnya perjalanan dilanjutkan melalui darat sejauh 28 km ke arah Malinau. Dari Malinau menuju lokasi adalah sejauh 45 km atau sekitar satu jam perjalanan dari Tidang Pali, Ibukota Kabupaten Tana Tidung.

Tips

Bagi pengunjung ada baiknya untuk berhati-hati ketika melakukan trekking menuju lokasi air terjun. Jika kondisi hujan kontur tanahnya sangatlah licin. Selain itu, berkemah adalah pilihan yang sangat menarik untuk merasakan suasana alam di Gunung Rian. Sepulangnya Anda juga bisa membeli oleh-oleh khas Tidung Pale yaitu madu asli dan udang sungai.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!