Ada Satwa Langka di Pulau Kaget

In Kalimantan Selatan
source:http://ibc.lynxeds.com
source:http://intothewildsingapore.blogspot.com
source:http://refozt.blogspot.com
Written by Riyan Adiyahasya Posted 26th June 2013, 1:27pm
Rate this article 

Pulau Kaget merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di muara Sungai Barito, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan. Tidak ada pemukiman di sana, mungkin karena kontur tanahnya yang selalu tergenang oleh air. Namun jangan salah, Pulau Kaget adalah surga bagi satwa yang hanya terdapat di Pulau Kalimantan (Borneo) yaitu Bekantan (Nasalislarvatus).

Apakah Anda pernah melihat maskot Taman Impian Jaya Ancol? Ya, maskot taman rekreasi tersebut adalah bekantan. Jenis kera satu ini memang sangat unik, memiliki hidung yang besar dan memerah di bagian ujungnya. Di alam liar, jika semakin besar hidungnya maka semakin banyak pula betina-betina yang tertarik.

Jika Anda pecinta alam atau bahkan pecinta satwa, Pulau Kaget ini memang memiliki banyak kejutan. Di samping bekantan yang menjadi pusat perhatian, pulau ini juga merupakan rumah bagi satwa-satwa langka lainnya, seperti monyet ekor panjang (Macaca Fascicularis), elang laut perut putih (Heliaeetus leucogaster), raja udang biru (Halcyon chloris), dan elang bondol (Haliastur Indus).

Dengan luas pulau sekitar 85 hektar, sebagian wilayah pulau merupakan kawasan konservasi yang berstatus Suaka Margasatwa. Populasi bekantan di pulau ini memang menjadi pusat perhatian, karena terancam oleh perburuan liar yang mengakibatkan semakin langkanya bekantan. Selain itu, satwa langka ini juga telah ditetapkan sebagai ikon Provinsi Kalimantan Selatan. Oleh karenanya bekantan harus dilestarikan baik kelangsungannya maupun alam tempat tinggalnya, dimana salah satunya adalah di Pulau Kaget.

Bagaimana cara menuju Pulau Kaget?

Cagar Alam Pulau Kaget terletak di dekat muara Sungai Barito yang mengalir di Kota Banjarmasin. Untuk sampai di pulau ini Anda bisa menggunakan speed boat selama kurang lebih 30 menit, atau bisa juga memilih transportasi lain seperti klotok (kapal kayu tradisional) yang memakan waktu lebih lama, yaitu sekitar 2 jam.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!