Jember Fashion Carnaval 2014

source:gayahidup.plasa.msn.com
source:gayahidup.plasa.msn.com
source:gayahidup.plasa.msn.com
Written by Fachri Posted 12th September 2014, 3:01pm
Rate this article 

Seorang model berjalan mengenakan pakaian layaknya stalagnit pada Jember Fashion Carnival 2014 di Jember, Jawa Timur, 24/8. JFC merupakan karnaval tahunan yang digagas oleh Dynand Fariz. Tahun ini karnaval itu memasuki tahun ke-13 dan mengambil tema 'Triangle Dynamic In Harmony'. Jember Fashion Carnaval atau sering disebut JFC adalah sebuah even karnaval busana yang setiap tahun digelar di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Karnaval ini digagas oleh Dynand Fariz yang juga pendiri JFC Center.

Sebanyak 400 an peserta berkarnaval, berfashion run way dan dance, di jalan utama kota Jember disaksikan oleh ratusan ribu penonton di kanan dan kiri jalan. Mereka terbagi dalam 8 defile yang masing-masing defile mencerminkan tren busana pada tahun yang bersangkutan. Defile pertama adalah defile Archipelago yang mengangkat tema busana nasional dari daerah tertentu secara berkala seperti Jawa, Bali, Sumatera, dan seterusnya.

Di setiap tahunnya mengangkat tema fashion yang sedang trend apakah dari suatu negara, kelompok tertentu, film, kejadian atau peristiwa global lainnya. Semua busana dibuat dalam bentuk kostum yang kesemuanya dikompetisikan untuk meraih penghargaan-penghargaan. Arena yang digunakan untuk menggelar JFC adalah jalan utama Kota Jember sepanjang 3,6 kilometer.

Berawal Dari Maraknya Group Reyog Ponorogo yang memadati jalan protokol di saat arak-arakan budaya HUT kota Jember yang menarik perhatian warga tiap Tahun. Sehingga terciptalah ide pemikiran sebuah parade dengan jalan kaki dengan menggenakan kostum yang menarik, meriah, warna cerah serta berumbai-rumbai.

Pada saat tahun 2001 menjadi awal dari Jember Festival Carnaval, dimana Ide konsepnyanya tidak jauh beda dengan Arak-arakan sebelumnya, maka dari itu bentuk kostum dari JFC selalu menyerupai Reyog dimana pada saat itu juga terdapat acara serupa, festival kostum di negara-negara Amerika. Bahkan hingga saat ini puluhan group Reyog di kota Jember masih berpartisipasi dan mendukung kegiatan JFC tiap tahun.

Jika Anda penduduk asli Jember maka berbanggalah kepada kota Anda karena di setiap tahunnya kota ini akan selalu menampilkan Fashion Karnaval yang tema nya selalu berganti sesuai dengan perkembangan tren atau model saat ini. Pada hari H nya warga Jember tidak segan untuk meluangkan waktunya untuk melihat karnaval ini, berbondong-bondong membawa sanak saudara untuk menyaksikan karnaval, karena karnaval ini gratis tidak dipungut biasa sedikitpun untuk menyaksikannya.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!