5 Profesi yang Bisa Ditebak Asal Daerahnya

Written by Riyan Adiyahasya Posted 3rd June 2014, 4:02am
Rate this article 

Ada fakta menarik di Indonesia mengenai profesi yang menggambarkan daerah asalnya. Walaupun tidak mewakili, hal ini terjadi di kota-kota yang menjadi pusat urbanisasi seperti Jakarta, Tanggerang, Bekasi, Depok, dan lainnya. Ada beberapa profesi di kota-kota tersebut yang diantaranya disandang oleh para putra daerahnya masing-masing. Profesi yang mereka lakoni biasanya menurun kepada sanak-saudara di kampung halaman, menyebar ke setiap wilayah, dan menetap hingga belasan dan puluhan tahun.

1. Warteg (warung tegal)

Melihat dari namanya saja warung makanan ini sudah mengidentitaskan dari warung ini, yakni Kota Tegal, Jawa Tengah. Warung yang menjamur dibeberapa kota ini menjadi salah satu tujuan alternatif masyarakat untuk mengisi perut karena jenis masakannya yang komplet dan harganya yang murah. Warung tegal biasanya identik dengan percakapan antar sesama penjualnyamenggunakan bahasa Tegal yang unik.

2. Warung kopi/mie rebus/tukang bubur kacang<

Warung yang menjual mie rebus, kopi, bubur kacang ijo, dan telur setengah matang, umumnya dapat dengan mudah ditemui di perempatan jalan atau di tempat strategis lainnya. Penjualnya sebagian besar berasal dari daerah Kuningan, Jawa Barat.

3. Tukang tambal ban

Jika kita mengalami kendala akibat ban bocor atau kempes, penjual jasa yang satu ini merupakan solusinya. Para tukang tambal ban yang biasa kita temui ini umumnya berasal dari Sumatera Utara.

4. Tukang bakso (bukan bakso malang)

Penjual bakso atau mie ayam yang terkenal dengan rasanya yang nikmat mayoritas berasal dari Kota Solo dan sekitarnya.

5. Pangkas rambut/tukang cukur

Jika Anda punya langganan tukang potong rambut di barber shop (bukan salon), coba saja tanyakan daerah asalnya si tukang potong rambut itu. Karena sebagian besar dari mereka berasal dari Garut, Jawa Barat.

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!