Festival City Marathon

Written by Fachri Posted 26th October 2014, 12:04pm
Rate this article 

Jakarta Marathon merupakan event lomba lari terbesar di Tanah Air yang sekaligus alat untuk mempromosikan Jakarta sebagaikota tujuan wisata. Lomba lari tahunan yang memasui tahun kedua ini akan diselenggarakan pada 26 Oktober 2014 di Jakarta.Tujuan utama penyelenggaraannya adalah untuk membangun citra Jakarta sebagai kota tujuan wisata dunia dan juga domestik.

Jakarta Marathon tahun ini diberi tajuk "Festival City Marathon" dengan titik start dan finish di silang Monas Barat Daya. Jakarta Marathon 2014 akan melombakan beberapa kategori, yaitu: Full Marathon (42km), Half Marathon (21km), 10km, dan Maratoonz untuk anak-anak dengan jarak 1,3 km. Rute lomba lari akan melewati beberapa landmark Ibu Kota yang paling terkenal seperti Monumen Nasional, Masjid Istiqlal, Katedral, Kota Tua, dan Hotel Indonesia.

Sejak diadakan pertama kali 2013 lalu, Jakarta Marathon menjadi salah satu acara yang paling dinantikan masyarakat terutama warga Jakarta. Tahun ini peserta yang turut serta ditargetkan 15 ribu pelari.Jakarta Marathon 2014 berupaya menempatkan Jakarta sebagai tuan rumah yang siap menjamu tidak hanya kehadiran para atlet internasional, nasional dan lokal, namun juga pelancong mancanegara dan domestik. Dengan acara ini pun Jakarta mensejajarkan diri dengan kota besar di dunia lainnya yang telah rutin menggelar lomba lari internasional seperti di Paris, New York, dan London.

Dari sebanyak 15 ribu peserta yang ditargetkan, hingga saat ini sudah terdaftar 4 ribu orang peserta yang diantaranya terdiri dari 500 peserta dari 31 negara, seperti Jepang, Inggris, Perancis, Australia, Kenya dan Singapura. Jakarta Marathon 2014 direncanakan berlangsung pukul 05.00-12.00 WIB. Nantinya akan ada 5 ribu personil satuan polisi dan pramong praja yang akan menjaga keamanan jalur. Sosialisasi pengosongan jalan kepada warga pun akan dilaksanakan dari jauh-jauh hari. Ini sekaligus memberitahu warga yang ingin menyaksikan Festival City Marathon agar tidak perlu berbondong-bondong ke Monas. Mereka dapat berkunjung ke titik-titik pertunjukkan yang terletak dekat dengan tempat tinggalnya.

Tidak hanya sekadar ajang lari, Jakarta Marathon 2014 juga akan diawali oleh Sport Running Expo yang diselenggarakan di Jakarta Covention Center (JCC) pada 23, 24 dan 25 Oktober 2014. Pameran tersebut menyuguhkan perlengkapan lari mulai dari sepatu, kaus, topi, jam dan lainnya. Ada pula kegiatan bakti sosial kemanusiaan berupa donasi kepada Palang Merah Indonesia (PMI) oleh Indokasih.com.

Jakarta Marathon diprakarsai oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan diselenggarakan oleh Inspiro sebagai promotor dan organizer. Sebagai ajang olahraga lari resmi internasional, panitia bekerja dengan Amaury Sport Organization (ASO). Keterangan lebih lanjut mengenai pendaftaran Jakarta Marathon 2014 dapat diakses melalui www.thejakartamarathon.com atau hubungi PT. Inspiro Mega Impresario di Menara Jamsostek, North Tower, 16th floor. Jalan Jenderal Gatot Subroto No.38, Jakarta.

Untuk pendaftaran dan informasi dapat dilakukan secara langsung kepada pihak berikut.
+62 21 29 666 868 (jam kerja)
INSPIRO Gedung Menara Jamsostek
Menara Utara Lantai 16
Jl. Jenderal Gatot Subroto No. 38, Jakarta 12170
Website: http://thejakartamarathon.com; http://inspirogroup.co.id
Twitter : @TheJKTMarathon

Sumber : indonesia.travel.com

Do you have a picture of this article? Share it from your Instagram!